BinkamKabar Desa

Kolaborasi Bhabinkamtibmas dan Warga Desa Rumak, Sukseskan Program Rumah Layak Huni Kemensos RI

21
×

Kolaborasi Bhabinkamtibmas dan Warga Desa Rumak, Sukseskan Program Rumah Layak Huni Kemensos RI

Sebarkan artikel ini
Gotong Royong Bersama Bhabinkamtibmas, Warga Desa Rumak Bangun Rumah Layak Huni

Kediri, Lombok Barat – Bersama warga setempat, Bhabinkamtibmas Desa Rumak, turut serta dalam gotong royong membangun rumah bantuan bagi keluarga Abdullah, Senin (7/8/2023). Rumah bantuan ini merupakan program dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan menciptakan lingkungan yang inklusif.

“Kami hadir di sini untuk memantau dan memonitor perkembangan pembangunan, serta melibatkan aspek gotong royong dalam kerangka pemberian bantuan rumah kepada keluarga Abdullah,” kata Kapolsek Kediri, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Dina Rizkiana.

Dalam kegiatan ini, fokus utama adalah pada peningkatan kualitas tembok dinding rumah. Evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa progres pembangunan telah mencapai tahapan 27%. Sebuah indikator yang signifikan dalam upaya mencapai target pembangunan rumah yang memiliki kriteria kenyamanan dan layak huni.

“Kami tidak hanya memantau dan memonitor perkembangan pembangunan, tetapi juga secara aktif berpartisipasi dalam gotong royong bersama warga. Kami merasa senang bisa membantu keluarga Abdullah mendapatkan rumah yang lebih baik,” ujar Bhabinkamtibmas Desa Rumak.

Kehadiran Bhabinkamtibmas Desa Rumak tidak hanya bersifat simbolis, tetapi juga memberikan dampak nyata dalam mendorong percepatan proses pembangunan. Peran aparat kepolisian ini tidak hanya berarti dalam aspek fisik, tetapi juga mampu memperkuat ikatan sosial dan kerjasama antara kepolisian dan masyarakat setempat.

“Kami berterima kasih atas bantuan dan partisipasi dari Bhabinkamtibmas Desa Rumak. Kami merasa lebih termotivasi dan terbantu dengan adanya gotong royong ini,” kata Abdullah, penerima manfaat rumah bantuan.

Melalui kegiatan ini, terlihat jelas semangat gotong royong dan tanggung jawab bersama dalam menghadapi permasalahan bersama. Proyek pembangunan rumah bantuan ini menjadi gambaran konkret bahwa kolaborasi lintas sektor dan partisipasi aktif dari masyarakat mampu menghasilkan perubahan positif yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan sosial dan penciptaan lingkungan yang inklusif.

Peran Bhabinkamtibmas Desa Rumak dan semangat partisipatif warga dalam gotong royong ini diharapkan dapat mengakselerasi penyelesaian pembangunan rumah bantuan, memberikan tempat tinggal yang memadai bagi keluarga Abdullah, serta mendorong kohesi sosial yang lebih luas dalam masyarakat Desa Rumak.