Berita

Kapolres Sumbawa Barat Gelar Jum’at Curhat, Guna Kuatkan Jalinan Silaturrahim Bersama Warga Telaga Bertong

26
×

Kapolres Sumbawa Barat Gelar Jum’at Curhat, Guna Kuatkan Jalinan Silaturrahim Bersama Warga Telaga Bertong

Sebarkan artikel ini

Sumbawa Barat – Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap, S.I.K melaksanakan jumat curhat bersama perwakilan masyarakat Telaga Bertong (Tebet) guna tingkatkan jalinan silaturrahim.

Kasi Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Edi Sobandi Adireja, S.Sos menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at (01/9/2023), pukul 14.00 Wita,bertempat di kantor kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Lanjut Kasi Humas, pada kesempatan itu Lurah Telaga Bertong Arie Wahyudi SE, mengucapkan selamat datang Kepada Bapak Kapolres Sumbawa Barat di Kelurahan Telaga Bertong.

” Saya atas nama Pemerintah Kelurahan Telaga Bertong mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap, S.I.K, semoga melalui kegiatan ini masyarakat yang hadir dapat menyampaikan aspirasinya kepada bapak kapolres terkait situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas),” katanya.

Selanjutnya Lurah Arie Wahyudi melaporkan situasi keadaan di wilayah Kelurahan Telaga Bertong yang masih dalam keadaan aman kondusif, Lurah berharap Kondusifitas Telaga Bertong kedepannya akan tetap aman dan terkendali.

“Di wilayah Kelurahan Telaga Bertong terdapat 6 lingkungan dan di dalamnya terdiri dari 24 Rukun Tetangga (RT), pada kesempatan ini kami mohon arahan dan bimbingannya dari bapak kapolres untuk pelaksanaan tugas kami sehari hari,” ucapnya.

Di tempat yang sama Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap, S.I.K menuturkan terkait kegiatan Jum’at Curhat.

” Alhamdulilah pada siang hari ini, kita bisa melaksanakan kegiatan Jum’at Curhat yang mana kegiatan ini di laksanakan oleh seluruh Polisi yang ada di indonesia, adapun tujuan diadakan kegiatan ini guna menyerap informasi dan aspirasi dari masyarakat terkait situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya,” tutur AKBP Yasmara Harahap,

Kasi Humas memaparkan, Kapolres memberikan kesempatan dan ruang waktu kepada seluruh yang hadir jika ada yang ingin bertanya terkait Kamtibmas.

” Kami persilahkan kepada bapak dan ibu sekalian jika ingin ajukan pertanyaan terkait kamtibmas, insyaallah akan kami jawab pada kesempatan ini. Memasuki Tahun politik ini saya berpesan kepada masyarakat Kelurahan Telaga bertong agar tetap menjaga Persatuan dan jangan sampai terpecah belah walaupun berbeda pilihan,” ujar Kapolres.

Kapolres mengingatkan juga terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), agar Masyarakat yang hadir jangan mudah terpengaruh oleh iming iming dari seseorang dari jalur yang tidak resmi karena akan berakibat tindak pidana TPPO yang dapat merugikan semua.

” Memasuki musim kemarau ini, kita patut mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), saya menghimbau kepada bapak dan ibu apabila ingin membuka lahan jangan sampai melakukan pembakaran, karena akan menyebabkan Karhutla,” tukasnya.

Kasi Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Edi Sobandi Adireja, S.Sos menerangkan, kegiatan Jum’at Curhat dilanjutkan dengan Diskusi dan Tanya Jawab, dan yang berkesempatan pertama kali Kepala Lingkungan Kokar Dalam Husen untuk menyampaikan pertanyaan dan harapannya.

“kami berharap agar pelaksanaan Patroli di laksanakan 2 kali dalam semalam tepatnya pada jam jam rawan, guna menghindari hal hal yang kita tidak inginkan yang menyebabkan terganggunya kamtibmas. Ke dua
Kami ingin bertanya terkait biaya pembuatan SIM C dan masih kurangnya kesadaran dari Masyarakat akan tertib berlalu lintas yang mana masih banyak Masyarakat yang menggunakan Handphone pada saat berkendara,” kata Husen.

Kemudian pertanyaan ke dua dari Tokoh Pemuda Kelurahan Telaga Bertong Hamka, yang mana bertanya
Seputaran Pajak STNK.
” Bagaimana jika Pajak Bulanan pada STNK mati, apakah dapat kena Tilang, dan di Surat Tilang ada 3 jenis, kami mohon penjelasanya terkait 3 jenis Surat Tilang tersebut,” ujar Hamka.

Sementara itu Ketua RT 02 RW 07 Rusli Handika mempertanyakan terkait Personel Kepolisan yang melaksanakan rawan pagi apakah dapat melakukan penindakan tilang terhadap anak sekolah yang lupa membawa Helm atau di kasih peringatan terlebih dahulu.

Perwakilan Agen Gotong Royong (AGR) Telaga Bertong memberikan pertanyaan, bagaimana apabila saat Razia kita lupa membawa dompet dan hanya bukti dokumentasi berupa SIM dan STNK di HP, apakah dapat menjadi bukti yang sah untuk di tunjukan pada saat ada Razia tersebut.

Kasi Humas mengungkapkan pada kesempatan tersebut, Kapolres Sumbawa Barat memberikan tanggapan atas seluruh pertanyaan diatas.

“Kami dari Polres Sumbawa Barat dan Polsek jajaran tetap melaksanakan Patroli setiap malam dan Kedepannya kami akan tingkatkan lagi untuk pelaksanaan patroli seperti yang bapak inginkan tadi. Harapan kami juga yaitu agar masyarakat untuk ikut berpartisipasi bersama kami dalam menjaga situasi Kamtibmas.Terkat
STNK pajak yang sudah mati kami dari Kepolisian hanya melakukan penindakan namun kita kedepankan berupa teguran dan edukasi. Tentang Personel yang melaksanakan Rawan pagi bukan tujuannya untuk Menilang, namun mengatur lalu lintas dan jika ada yang lupa membawa helm akan di berikan teguran terlebih dahulu. Sedangkan
untuk biaya SIM C yaitu Rp.400.000 sudah termasuk PNBP, Tes Kesehatan dan Psikologi.Dan pengendara yang menggunakan Alat komunikasi pada saat berkendara yaitu merupakan target dalam operasi Zebra sehingga bagi masyarakat agar kedepannya lebih disiplin dalam Berlalu lintas agar selamat di jalan dan selamat sampai tujuan.Terkait dengan masyarakat yang lupa membawa dompet pada saat ada Razia yaitu Petugas di lapangan tidak tahu apakah SIM dan STNK yang ada di HP tersebut masih ada atau tidak,sehingga dari Petugas yang Melaksanakan Giat Razia membutuhkan bukti yang real atau sah karena Syarat utama dalam berkendara yaitu kelengkapan berupa SIM, STNK dan Helm. Terimakasih atas masukan dari bapak ibu dan ini akan menjadi Motivasi dan Pelajaran bagi kami sehingga kedepannya kami dapat melaksanakan tugas di tengah masyarakat lebih baik lagi,” tutup Perwira Menengah Dua Melati di Pundak ini.

Kasi Humas menegaskan kegiatan Jum’at Curhat berakhir Pukul 15.30 Wita berjalan dengan aman dan lancar.

Hadir dalam kesempatan tersebut
Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap S.I.K, Kapolsek Taliwang AKP Mulyadi, S.Sos, Lurah Telaga Bertong Arie Wahyudi,SE, Kanit Binmas Polsek Taliwang Aipda Adnansyah, SH,
Personel Polsek Taliwang sebanyak 5 orang, Kepala Lingkungan dan Ketua RT Kelurahan Telaga Bertong, AGR kelurahan Telaga Bertong, Perwakilan Masyarakat Kelurahan Telaga Bertong sebanyak 30 orang.