Berita

Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Rinjani 2023

31
×

Kapolres Bima Kota Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Rinjani 2023

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, NTB (04/9) – Senin tanggal 04 September 2023 pagi tadi, Polres Bima Kota menggelar apel gelar pasukan Operasi Zebra Rinjani Tahun 2023.

Apel gelar pasukan operasi zebra rinjani tahun 2023 tersebut berlangsung di lapangan apel mako polres bima kota dan dipimpin langsung kapolres bima kota akbp rohadi.

Apel gelar pasukan operasi zebra rinjani 2023 yang bertemakan “kamseltibcarlantas yang kondusif menuju pemilu damai 2024 ” diikuti sejumlah pasukan, yakni 1 pleton personil tni 1608 bima, 1 pleton staf polres bima kota, 1 pleton personil sat lantas polres bima kota, 2 pleton personil sat sabhara polres bima kota, 1 pleton personil brimob den c pelopor bima, 1 pleton personil gabungan sat intelkam, sat reskrim dan sat narkoba polres bima kota, 1 pleton dishub kota bima dan 1 regu polisi militer.

Apel gelar pasukan operasi zebra rinjani tahun 2023 juga dihadiri waka polres bima kota kompol herman, kabag ops dan seluruh pju polres bima kota.

Kapolres bima kota akbp rohadi setelah menyemarakkan pita pada perwakilan masing-masing regu sebagai tanda dimulainya operasi zebra rinjani, menyampaikan beberapa poin sambutan tertulis kapolda ntb irjen pol djoko poerwanto.

Sebagaimana diketahui bersama, permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.

Adapun munculnya permasalahan lalu lintas ini, kerap dipicu oleh beberapa faktor. yakni meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, meningkatnya populasi masyarakat serta meningkatnya pola aktifitas masyarakat ntb.

Pasca dibukanya kembali di provinsi ntb sebagai destinasi wisata domestik maupun internasional. bahwa berbagai faktor tersebut tentunya turut berimplikasi terhadap munculnya permasalahan di bidang lalu lintas, meliputi meningkatnya pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas terhadap masyarakat setempat.

Ditlantas dan Satlantas jajaran Polres dan Polda NTB juga telah memasang ribuan imbauan dalam bentuk baliho di berbagai titik yang dianggap rawan laka lantas, bahkan sudah membuat nota kesepahaman (mou) dengan pemilik rental roda dua atau roda empat dengan ketentuan bagi pengguna atau penyewa roda dua atau roda empat harus memiliki kecakapan dalam mengendarai dan mengemudi, harus memiliki surat izin mengemudi (sim) serta rental harus menyiapkan helm bagi pengendara sepeda motor, guna terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan lancar. kita menyadari bahwa permasalahan di bidang lalu lintas tidak dapat diselesaikan hanya oleh kerja keras

Dari personel polri saja, namun perlu adanya peran serta yang sinergis antara polri, pemerintah daerah dan seluruhstakeholder terkait, sehingga yang diharapkan dapat tercapainya koordinasi solid guna terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif.

“dalam operasi kali ini dapat saya sampaikan pada pelaksanaan operasi zebra rinjani 2022 sebanyak 12.354 pelanggaran dengan tilang nihil dan teguran 12.354 serta angka kecelakaan lalu lintas saat operasi zebra rinjani 2022 sebanyak 32 kejadian dengan korban meninggal dunia 8 orang, korban luka berat 6 dan luka ringan 38 orang.

Dari hasil evaluasi tersebut di atas bahwa dominasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi adalah, penggunaan helm sni, safety belt dan pelanggaran terhadap rambu/marka jalan serta faktor human error,”jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, dalam rangka mendukung tercapainya kamseltibcarlantas yang aman dan lancar, polda ntb beserta segenap stakeholder terkait akan menggelar operasi kepolisian kewilayahan bidang lalu lintas dengan sandi “zebra rinjani 2023”. yang akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 4 s.d 17 september 2023.

Pelaksanaan Ops Zebra Rinjani 2023 ini merupakan salah satu upaya polri dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat, diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas kecelakaan serta ops zebra rinjani 2023 ini dengan tugas pokok “mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum lantas secara elektronik (statis dan mobile) dalam rangka meningkatkan disiplin masy dlm berlalu lintas” melalui operasi ini saya berharap polda ntb dapat berkontribusi maksimal dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat, khususnya kaum generasi milenial, sehingga mereka dapat lebih disiplin dan zebra akan hukum yang berlaku dan mampu menjadi pelopor kepatuhan berlalu lintas guna menyelamatkan generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Pada Pelaksanaan OPS Zebra Rinjani 2023 kali ini menerapkan cara bertindak yaitu, melaksanakan deteksi dini kma lidik dan pemetaan thdp lokasi atau tempat rawan macet kma gar dan laka lantas, melaksanakan binluh kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas berupa giat sosialisasi, penyuluhan melalui, pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran sticker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos, melaks edukasi dan membangun kesadaran masy utk tertib berlalu lintas, melaksanakan gakkum secara elektronik/teguran terhadap tindakan pelanggaran atau laka lantas.

Selain itu, melaksanakan gakkum sidik laka lantas secara profesional dan prosedural, melakukan counter opini erhadap berita- berita hoaks di medsos kma online maupun mainstream terkait ops”zebra-2023 guna mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan tindakan edukatif dan persuasif serta humanis, didukung dengan penegakan hukum secara elektronik, teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalu lintas melalui upaya-upaya tersebut diharapkan “kamseltibcarlantas menuju pemilu”, berjalan dengan aman dan kondusif.