BeritaSosial Budaya

Polsek Sekotong Sukses Amankan Tradisi Nyongkolan

26
×

Polsek Sekotong Sukses Amankan Tradisi Nyongkolan

Sebarkan artikel ini
Polsek Sekotong Amankan Tradisi Nyongkolan

Sekotong, Lombok Barat – Polsek Sekotong, Polres Lombok Barat, mengamankan tradisi adat Nyongkolan di wilayah kecamatan Sekotong, Rabu (11/10/2023). Kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, SH.M.I.Kom, mengatakan bahwa pengamanan ini dilakukan melibatkan 5 personil Polsek Sekotong. Personil tersebut bertugas untuk mengatur lalu lintas dan mengawasi situasi keamanan di sepanjang rute iring-iringan pengantin.

“Kami menurunkan 5 personil untuk mengamankan kegiatan tradisi adat Nyongkolan ini. Personil kami bertugas untuk mengatur lalu lintas dan mengawasi situasi keamanan di sepanjang rute iring-iringan pengantin,” kata Kapolsek Sekotong.

Kapolsek Sekotong juga menyampaikan bahwa kegiatan pengamanan ini berjalan dengan lancar dan aman. Tidak ada hal-hal menonjol yang terjadi selama kegiatan berlangsung.

“Kegiatan pengamanan ini berjalan dengan lancar dan aman. Tidak ada hal-hal menonjol yang terjadi selama kegiatan berlangsung,” ujar Kapolsek Sekotong.

Sementara itu, masyarakat yang melaksanakan tradisi adat Nyongkolan menyampaikan apresiasi kepada Polsek Sekotong atas pengamanan yang telah dilakukan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Polsek Sekotong atas pengamanan yang telah dilakukan. Kami merasa aman dan nyaman selama iring-iringan pengantin berlangsung,” kata salah seorang warga.

Tradisi adat Nyongkolan merupakan salah satu tradisi pernikahan adat masyarakat Sasak di Lombok Barat. Tradisi ini berupa iring-iringan pengantin yang dilakukan dari rumah mempelai laki-laki ke rumah mempelai perempuan dalam suasana penuh kemeriahan.

Dengan pengamanan yang dilakukan oleh Polsek Sekotong, tradisi adat Nyongkolan ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik wisata budaya di Lombok Barat.

Adapun Lokasi Pengamaan meliputi Jalan raya Ampera depan Pegadaian Sekotong dusun Sekotong Satu desa Sekotong tengah. Kemudian Jalan raya Ampera depan Mako Polsek Sekotong dusun Sekotong Satu desa Sekotong Tengah. Serta di Jalan raya Ampera dusun Madak Belek Satu desa Persiapan Empol.