Berita

Polda NTB dan ITDC Tanda Tangani Nota Kesepahaman Tentang Pengamanan KEK Mandalika

17
×

Polda NTB dan ITDC Tanda Tangani Nota Kesepahaman Tentang Pengamanan KEK Mandalika

Sebarkan artikel ini

 

Mandalika – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani nota kesepahaman tentang pengamanan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Posko Pengamanan Comand Center Operasi Mandalika II Rinjani 2023. Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan oleh Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto dan Direktur Utama PT ITDC Ari Respati.

“Nota kesepahaman dalam rangka bantuan pengamanan Polri kepada pihak PT. ITDC memiliki arti penting bagi terselenggaranya tujuan negara khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan wujud komitmen Polri dalam mendukung terselenggaranya proses pembangunan nasional, khususnya upaya pemerintah dalam pembangunan perekonomian di wilayah NTB,” terang Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto saat acara penandatangan nota kesepahaman, Sabtu 14 Oktober 2023.
Nota kesepahaman ini merupakan langkah baik kerjasama yang menjunjung tinggi azas saling menguntungkan, kesetaraan dan efektifitas sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden RI nomor 58 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan Presiden RI nomor 3 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini, merupakan perpanjangan kerja sama antara Polda NTB dengan PT. ITDC yang berpedoman pada prinsip-prinsip saling menguntungkan, kesetaraan, efektif dan efisien yang tentunya semua dilakukan berdasar pada ketentuan yang berlaku (accountable), sebagaimana diatur dalam Kep Pres nomor 63 tahun 2004 tentang pengamanan Objek Vital Nasional” jabarnya.

Kapolda NTB berharap agar penandatanganan nota kesepahaman ini tidak hanya seremonial saja, namun yang terpenting adalah bagaimana mengimplementasikan dari butir-butir kesepakatan tersebut.

“Saya mengharapkan kita semua meningkatkan komunikasi, koordinasi serta kolaborasi dalam rangka pembangunan infrastruktur dan pengembangan KEK Mandalika guna mengantisipasi permasalahan yang akan timbul maupun penyelesaian permasalahan yang sedang dihadapi saat ini,” lanjutnya.

Ditekankan juga kepada seluruh pihak yang terlibat agar lebih proaktif memberikan kontribusi positif sesuai peran dan fungsi masing-masing guna mendukung terselenggaranya proses pembangunan KEK Mandalika dengan tetap berpegang pada ketentuan yang berlaku.

Senada dengan itu Direktur Operasional PT. ITDC Troy Reza Warokka menyambut baik penanda tanganan nota kesepahaman tentang keamanan ini. Menurutnya hal ini merupakan langkah strategis kerjasama antara pihak keamanan dan ITDC sebagai pengembang destinasi di Nusa Tenggara Barat.

“Mengenai keamanan terutama saat event MotoGP seperti saat ini sangat penting untuk diperhatikan karena situasi yang kurang kondusif dapat membuat buruk nama baik Indonesia. Maka dari itu kita menjalin kerjasama dengan Polri dan TNI,” singkatnya usai acara penandatanganan nota kesepahaman.

Dirinyapun berharap agar penandatanganan nota kesepahaman ini dapat meningkatkan kualitas keamanan serta kondusifitas untuk membangun iklim infestasi yang baik di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.