Berita

Polri Kawal Ketat Gudang Logistik KPU Lombok Barat Jelang Pemilu 2024

16
×

Polri Kawal Ketat Gudang Logistik KPU Lombok Barat Jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Pengecekan Pengamanan Gudang Logistik KPU Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Kepolisian Resor (Polres) Lombok BaratPolda NTB, melakukan pemeriksaan gudang logistik KPU Lombok Barat, Rabu (1/11/2023). Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesiapan logistik Pemilu 2024.

Pemeriksaan dilakukan oleh Kasubsatgas Pam Ktr Penyelenggaraan Pemilu Ipda I Ketut Sudiarsa dan Kasubsatgas Pam Objek Penting Pemilu Ipda Hasanuddin.

Dalam pemeriksaan tersebut, personel kepolisian memeriksa kelengkapan dan kondisi logistik Pemilu 2024 yang ada di gudang KPU Lombok Barat. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap situasi keamanan di sekitaran gudang KPU Lombok Barat.

“Kami melakukan pemeriksaan ini untuk memastikan bahwa logistik Pemilu 2024 dalam keadaan aman dan siap digunakan,” kata Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono.

AKP Sony Hartono juga mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan staff KPU Lombok Barat terkait pengamanan gudang KPU Lombok Barat.

“Kami akan bersama-sama menjaga keamanan di seputaran gudang KPU Lombok Barat, agar situasi tetap aman dan kondusif, sehingga pelaksanaan pemilu serentak 2024 berjalan dengan aman dan lancar,” kata AKP Sony Hartono.

Gudang KPU merupakan tempat penyimpanan logistik Pemilu yang sangat penting. Logistik Pemilu, seperti surat suara, kotak suara, dan perlengkapan pemungutan suara, merupakan barang-barang yang sangat berharga dan rentan terhadap tindak kejahatan.

Oleh karena itu, pengamanan gudang KPU sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan terhadap logistik Pemilu.

Potensi Ancaman dan Kerawanan di Gudang KPU

Berikut adalah beberapa contoh potensi ancaman dan kerawanan di gudang KPU:

  1. Pencurian: Logistik Pemilu yang berharga, seperti surat suara dan kotak suara, dapat menjadi sasaran pencurian.
  2. Perusakan: Logistik Pemilu yang rusak dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu.
  3. Sabotase: Sabotase terhadap logistik Pemilu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti merusak atau menghilangkan logistik Pemilu.
  4. Insiden keamanan: Insiden keamanan, seperti kebakaran atau bencana alam, juga dapat mengancam keamanan gudang KPU.

Pengamanan Gudang KPU

Untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan terhadap logistik Pemilu, perlu dilakukan pengamanan gudang KPU secara menyeluruh. Pengamanan gudang KPU dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Penjagaan fisik: Gudang KPU harus dijaga oleh personel keamanan yang berpengalaman dan profesional.
  • Teknologi keamanan: Teknologi keamanan, seperti kamera CCTV, alarm, dan sistem keamanan lainnya, dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan gudang KPU.
  • Kerja sama dengan pihak terkait: Polri perlu bekerja sama dengan KPU dan pihak terkait lainnya untuk meningkatkan keamanan gudang KPU.

Dengan melakukan pengamanan gudang KPU secara menyeluruh, diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan terhadap logistik Pemilu dan memastikan pelaksanaan Pemilu yang aman dan lancar.