BeritaBinkam

Polres Lombok Barat Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Ajak Masyarakat Tidak Terprovokasi

25
×

Polres Lombok Barat Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Ajak Masyarakat Tidak Terprovokasi

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

Lombok Barat, NTB – Menjelang Pemilu Serentak 2024, Polres Lombok Barat menggelar sosialisasi kamtibmas kepada berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Lombok Barat, Rabu (8/11/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024, yang bertujuan untuk mencegah dan menangkal potensi gangguan kamtibmas.

Sosialisasi kamtibmas dilakukan oleh Satgas Preventif Operasi Mantap Brata Rinjani 2023 Polres Lombok Barat, yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos. Sasaran sosialisasi adalah satpam GPM PLTU Jeranjang Gerung dan tokoh masyarakat Sekdes Taman Ayu Mahsin A.md dan staf.

Dalam sosialisasi tersebut, AKP Daniel Ibi Lona menyampaikan beberapa pesan penting, antara lain:

  1. Agar masyarakat tidak terjebak dalam fanatisme politik yang berlebihan terhadap salah satu pasangan calon (paslon), yang dapat menimbulkan konflik dan perpecahan di tengah masyarakat.
  2. Agar masyarakat tidak mudah percaya dan menyebarkan isu, hate speech, berita bohong/hoax yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Agar masyarakat bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas dengan mengedepankan sikap toleran, saling menghormati, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

Selain itu, AKP Daniel Ibi Lona juga memberikan informasi tentang tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024. Ia mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bertanggung jawab.

AKP Daniel Ibi Lona berharap, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2024. Ia juga berharap, masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu jalannya pemilu.

“Kami berharap, masyarakat dapat bersikap dewasa dan bijak dalam menyikapi dinamika politik yang ada. Kami juga mengimbau, masyarakat untuk tidak terlibat dalam tindakan yang dapat mengganggu kamtibmas, seperti intimidasi, provokasi, atau kekerasan. Kami siap memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat, agar pemilu dapat berlangsung aman, lancar, dan demokratis,” ujar AKP Daniel Ibi Lona.