Berita

Polres Lombok Barat Gandeng Bawaslu dan KPU Gerung Amankan Pemilu 2024

14
×

Polres Lombok Barat Gandeng Bawaslu dan KPU Gerung Amankan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Patroli Preventif Polres Lombok Barat di Kantor Bawaslu dan KPU Gerung

Lombok Barat, NTB – Gerung, Lombok Barat – Polres Lombok Barat menggelar patroli preventif di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gerung, Selasa (14/11/2023). Patroli tersebut dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024.

Patroli di kantor Bawaslu dipimpin oleh Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono, selaku Kasatgas Preventif Operasi Mantap Brata Rinjani 2023-2024.

Sedangkan patroli di kantor KPU dipimpin oleh Kanit Patroli Sat Samapta Polres Lombok Barat, Iptu I Ketut Suarjana.

Dalam patroli tersebut, personel Sat Samapta Polres Lombok Barat melakukan pemeriksaan terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan kedua kantor tersebut.

Pemeriksaan meliputi pintu gerbang, jendela, dan area parkir kendaraan.

Selain itu, personel Sat Samapta Polres Lombok Barat juga melakukan komunikasi dialogis dengan staf Bawaslu dan KPU Gerung.

Dalam dialog tersebut, personel Sat Samapta Polres Lombok Barat menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada staf Bawaslu dan KPU Gerung.

“Kami mengimbau kepada staf Bawaslu dan KPU Gerung untuk selalu waspada dan menjaga keamanan di lingkungan kantor. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera hubungi kami,” kata AKP Sony Hartono.

AKP Sony Hartono menambahkan, patroli preventif tersebut merupakan upaya Polres Lombok Barat untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukumnya.

Patroli ini juga sebagai bentuk sinergitas antara kepolisian dan Bawaslu serta KPU dalam mengamankan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024,” kata AKP Sony Hartono.

Kerjasama Penting

Kerjasama antara kepolisian, Bawaslu, dan KPU dalam mengamankan pemilu serentak tahun 2024 sangat penting. Bawaslu dan KPU berperan sebagai pengawas dan penegak aturan dalam penyelenggaraan pemilu, sedangkan kepolisian berperan sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan pemilu berlangsung.

Dengan adanya kerjasama yang erat antara ketiga lembaga tersebut, diharapkan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Patroli Menggunakan K-9

Patroli di kantor KPU Gerung juga menggunakan satwa K-9 untuk melakukan sterilisasi terhadap kemungkinan adanya benda-benda berbahaya, seperti bom atau bahan peledak.

“Kami menggunakan satwa K-9 untuk memastikan keamanan di lingkungan kantor KPU Gerung,” kata Iptu I Ketut Suarjana.

Iptu I Ketut Suarjana menambahkan, sterilisasi menggunakan satwa K-9 merupakan salah satu bentuk upaya kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lingkungan kantor KPU Gerung.

Kesimpulan

Patroli preventif yang dilakukan oleh Polres Lombok Barat di kantor Bawaslu dan KPU Gerung merupakan upaya untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukumnya. Patroli tersebut juga merupakan bentuk sinergitas antara kepolisian, Bawaslu, dan KPU dalam mengamankan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.