Berita

Kapolda NTB Resmikan KPC Milik Ditpolairud Polda NTB

18
×

Kapolda NTB Resmikan KPC Milik Ditpolairud Polda NTB

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat NTB – Satu buah sarana/prasana Direktorat Polairud Polda NTB kembali bertambah dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas Polairud di seluruh perairan Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebuah kapal yang dinamakan Kapal Pemburu Cepat (KPC) Milik Ditpolairud Polda NTB Diresmikan Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Ruslan Aspan mewakili Kapolda NTB Irjen Pol. R. Umar Faroq SH.,M.Hum., Rabu (15/11/2023) di Dermaga Pelengsengan Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda NTB saat Peresmian KPC, Kapolda NTB menegaskan bahwa sesuai UU nomor 2 tahun 2022 tentang Polri, mengamanahkan tugas Polri yang bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya Kamtibmas dan tegaknya hukum.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan 1 unit Kapal Pemburu Cepat milik Ditpolairud Polda NTB sebagai penunjang pengamanan Harkamtibmas di wilayah hukum perairan Polda NTB, guna terselenggara nya perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta terbinanya ketentraman masyarakat dengan menjunjung tinggi Hak azasi manusia,”ungkapnya dalam sambutan tersebut.

Diketahui bersama tantangan tugas kepolisian kedepan akan semakin berat dan komplek seiring pengaruh zaman dan tekhnologi serta keterbukaan informasi dan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang cepat berubah. Perubahan ini tentu berdampak kepada permasalahan yang terjadi khususnya di perairan wilayah hukum Polda NTB yang tidak terlepas dari kondisi perairan NTB yang berbatasan dengan samudera Hindia.

Dengan dua pulau besar (Lombok dan Sumbawa) serta beberapa pulau kecil yang tentunya memiliki sumber daya alam yang melimpah maka pengamanan ekstra tentu dipersiapkan. Pengamanan tidak hanya memberikan kondisi NTB aman tetapi bagaimana sumber daya yang ada dapat terjaga dengan baik untuk keperluan generasi berikutnya.

“Kapal Pemburu Cepat ini merupakan Program APBN Kapolairud Baharkam Polri. Diharapkan dengan peresmian ini KPC dapat dioperasikan dalam rangka menjaga Harkamtibmas perairan NTB sehingga kontribusinya dapat dirasakan masyarakat,”bebernya.

“Ini tentu diharapkan akan memperkuat armada dan sarana prasarana di Ditpolairud Polda NTB yang telah dimiliki sebelumnyai,”tambahnya.

Terakhir Kapolda juga berharap dengan keberadaan KPC dapat meningkatkan kinerja Ditpolairud Polda NTB baik dalam kegiatan preemtif, preventif, serta penegakan hukum di seluruh perairan Polda NTB. Kemudian dapat meningkatkan sinergitas dengan stakeholder yang ada, masyarakat pesisir dalam menjaga Harkamtibmas di perairan Polda NTB.

Hadir pula dalam peresmian KPC Ditpolairud Polda NTB tersebut Irwasda Polda NTB, segenap PJU Polda NTB, Danlanal Mataram, GM Pelindo III Lembar, para Kasatpolairud Se Pulau Lombok, serta Komandan Kapal Jajaran Ditpolairud Polda NTB.