Berita

Polres Lombok Barat Ingatkan Masyarakat dan Stakeholder Jaga Kondusivitas Kamtibmas Jelang Pemilu

22
×

Polres Lombok Barat Ingatkan Masyarakat dan Stakeholder Jaga Kondusivitas Kamtibmas Jelang Pemilu

Sebarkan artikel ini
Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Sosialisasikan Tahapan Pemilu dan Himbauan Kamtibmas

Lombok Barat, NTB – Satgas Preemtif Polres Lombok BaratPolda NTB, yang dipimpin oleh Kasat Binmas, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., selaku Kasub Satgas Binmas, melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada tokoh masyarakat dan aparatur pemerintahan terkait tahapan pemilu dan himbauan kamtibmas pada hari Kamis (16/11/2023).

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di dua lokasi, yaitu di Desa Jagaraga Induk dan di Lapas Kls. II A Mataram. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat dan stakeholder. Terkait pemilu serentak tahun 2023-2024, serta untuk mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu jalannya pemilu.

Desa Jagaraga Induk

Di Desa Jagaraga Induk, Sub Satgas Binmas, SubsubSatgas Sosialisasi, bertemu dengan Hasyim S.T selaku Kades Jagaraga Induk, Sekdes I Ketut Swaditanaya, dan Kadus Lamper I Wayan Edy.

Dalam pertemuan ini, SubsubSatgas Sosialisasi menyampaikan beberapa hal, antara lain:

  • Sebagai aparatur pemerintahan desa, agar tetap menjaga netralitas dalam tahapan pemilu, dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis yang dapat merugikan pihak lain.
  • Ikut membantu dalam edukasi kepada warganya, agar warga masyarakat tidak fanatisme berlebihan terhadap salah satu paslon. Nantinya berdampak terjadinya disharmonisasi hubungan sosial antar teman, warga, ataupun keluarga.
  • Untuk tidak gampang percaya terhadap isu, hate speech, berita bohong / hoax yang bisa memecah belah persatuan NKRI. Serta melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.
  • Mengajak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2023-2024, dan menghindari segala bentuk tindakan yang dapat menimbulkan konflik, kerusuhan, atau kekerasan.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari pihak desa, yang menyatakan siap untuk mendukung dan bekerja sama dengan Polres Lombok Barat. Dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Lapas Kls. II A Mataram

Di Lapas Kls. II A Mataram, SubsubSatgas Sosialisasi melaksanakan tatap muka dan sosialisasi kepada KaOps Tramtib Lapas Kls. II A Mataram di Kuripan. Terkait tahapan pemilu 2023-2024 dan himbauan kamtibmas. Dalam kesempatan ini, SubsubSatgas Sosialisasi mengingatkan beberapa hal, antara lain:

  • Sebagai PNS / ASN, agar tetap menjaga netralitas sampai dengan tanggal 14 Februari 2024, dan bisa menggunakan hak pilihnya ke TPS masing-masing.
  • Agar tidak fanatisme berlebihan kepada salah satu paslon yang akan dipilih. Supaya tidak terjadi disharmonisasi dalam lingkungan lapas, ataupun masyarakat.
  • Himbauan untuk bersama-sama menjaga sitkamtibmas agar tetap kondusif, dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu stabilitas keamanan nasional.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari pihak lapas, yang menyatakan siap untuk berpartisipasi dalam pemilu serentak tahun 2023-2024. Serta menghormati hasil pemilu yang sah dan konstitusional.

Kasat Binmas, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., selaku Kasub Satgas Binmas, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya Polres Lombok Barat. Dalam menjalankan fungsi preemtif, yaitu mencegah terjadinya gangguan kamtibmas yang dapat mengancam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2023-2024.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, masyarakat dan stakeholder dapat lebih memahami dan menghargai proses demokrasi yang sedang berlangsung. Serta dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Sehingga pemilu serentak tahun 2023-2024 dapat berjalan lancar, jujur, adil, dan akuntabel,” ujar AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos.