Berita

Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dan Peserta Pemilu di Kediri

19
×

Satgas Preemtif Polres Lombok Barat Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dan Peserta Pemilu di Kediri

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Edukasi Satgas Preemtif Polres Lombok Barat

Lombok barat, NTB – Satuan Tugas Preemtif (Satgas) Polres Lombok BaratPolda NTB, di bawah kepemimpinan Kasat Binmas, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., selaku Kasub Satgas Binmas, telah melaksanakan kegiatan edukasi kepada masyarakat terkait tahapan pemilu dan himbauan kamtibmas pada hari Kamis (16/11/2023).

Kegiatan ini dilakukan di dua lokasi, yaitu di MA Selaparang Kediri dan di Kantor PPK Kediri.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilu serentak tahun 2023-2024.

Serta untuk mencegah terjadinya konflik, kerusuhan, atau kekerasan yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas.

MA Selaparang Kediri

Di MA Selaparang Kediri, SubsubSatgas Edukasi (Binmas) melakukan solah dan binluh kepada perdik (peserta didik) MA Selaparang Kediri. Dalam kegiatan ini, SubsubSatgas Edukasi menyampaikan beberapa hal penting kepada para perdik:

  • Agar para perdik tidak fanatik berlebihan terhadap salah satu paslon. Nantinya dapat berdampak pada terjadinya disharmoni hubungan sosial antar teman, warga, atau keluarga.
  • Perdik MA Selaparang Kediri diharapkan untuk tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, berita bohong, atau hoax. Tentunya yang dapat memecah belah persatuan NKRI. Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, mereka diimbau untuk melaporkannya kepada pihak berwajib.
  • Para perdik diajak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2023-2024. Seta menghindari segala bentuk tindakan yang dapat menimbulkan konflik, kerusuhan, atau kekerasan.
  • SubsubSatgas Edukasi juga memberikan motivasi dan semangat kepada para perdik. Agar mereka belajar dengan giat dan mengembangkan potensi diri sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan edukasi ini mendapat sambutan baik dari pihak MA Selaparang Kediri, yang mengapresiasi upaya Polres Lombok Barat dalam memberikan edukasi dan bimbingan kepada para perdik.

Kantor PPK Kediri

Di Kantor PPK Kediri, SubsubSatgas Edukasi melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan pihak PPK Kediri. Sekretaris PPK Kediri, Muslehudin S.Pd., menerima langsung kedatangan personel Kepolisian. Dalam pertemuan ini, SubsubSatgas Edukasi memberikan himbauan kamtibmas terkait tahapan pemilu 2023-2024, antara lain:

  • Para petugas PPK Kediri diharapkan tetap memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Mengenai pemilu dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi pemilu 2023-2024.
  • Tetap menjaga prinsip pemilu sesuai dengan Undang-Undang No. 7/2017 tentang Pemilu.
  • Menghindari fanatisme yang berlebihan terhadap salah satu paslon sehingga tidak terjadi polarisasi dalam masyarakat.
  • Himbauan untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif menjelang dan selama pemilu 2023-2024. Serta tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu stabilitas keamanan nasional.

SubsubSatgas Edukasi juga memberikan dukungan dan kerjasama kepada pihak PPK Kediri dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai penyelenggara pemilu. Respon positif diberikan oleh pihak PPK Kediri, yang menyatakan siap untuk melaksanakan pemilu serentak tahun 2023-2024 dengan profesional, transparan, dan akuntabel.

Kasat Binmas, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., selaku Kasub Satgas Binmas, menyatakan bahwa kegiatan edukasi ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Polres Lombok Barat kepada masyarakat dalam rangka menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Ia berharap dengan adanya kegiatan edukasi ini, masyarakat dapat lebih memahami dan mengikuti tahapan pemilu yang sedang berlangsung, serta dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, sehingga pemilu serentak tahun 2023-2024 dapat berjalan lancar, jujur, adil, dan akuntabel.