Berita

Gatur Sore Humanis Sat Lantas Polres Lombok Barat, Pengendara Diajak Taat Berlalu Lintas

5
×

Gatur Sore Humanis Sat Lantas Polres Lombok Barat, Pengendara Diajak Taat Berlalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Sat Lantas Polres Lombok Barat Gelar Gatur Sore di Bundaran Gms

Lombok Barat, NTB – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Lombok Barat, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar giat gatur sore di Bundaran Gms, Lembar, pada hari Rabu, 06 Desember 2023. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Brata Rinjani 2023.

Selain itu uga untuk menciptakan situasi kamtibcarlantas yang kondusif menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat, Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.k., mengatakan bahwa giat gatur sore ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Khususnya di jam-jam sibuk.

“Kami melakukan pengaturan lalu lintas di Bundaran Gms, karena ini merupakan salah satu titik rawan kemacetan dan kecelakaan, terutama pada saat arus balik dari Pelabuhan Lembar,” ujarnya.

Selain melakukan pengaturan lalu lintas, personil Sat Lantas Polres Lombok Barat juga memberikan himbauan dan teguran bagi pengendara yang melakukan pelanggaran. Terutama yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, seperti tidak menggunakan helm, tidak memasang spion, melawan arus, dan lain-lain.

“Kami mengedepankan pendekatan humanis dan persuasif, namun tetap tegas dalam menegakkan aturan. Kami berharap dengan adanya giat gatur sore ini, masyarakat dapat lebih tertib dan patuh dalam berlalu lintas, sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan,” tutur Iptu Adi Rijal.

Ia menambahkan bahwa giat gatur sore ini akan terus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan di berbagai titik rawan laka lantas di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, menggunakan perlengkapan keselamatan, dan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara. Seperti menggunakan handphone, mendengarkan musik keras-keras, atau mengantuk. Mari bersama-sama kita jaga kamseltibcarlantas di Lombok Barat,” pungkasnya.

Selama giat gatur sore berlangsung, tidak terjadi gangguan kamtibmas maupun laka lantas. Situasi lalu lintas di Bundaran Gms juga terpantau lancar dan tertib. Kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan dari masyarakat, khususnya para pengguna jalan.