Berita

Patroli Dialogis dan Polmas Air Polres Lombok Barat Tingkatkan Keamanan Pelabuhan Lembar

15
×

Patroli Dialogis dan Polmas Air Polres Lombok Barat Tingkatkan Keamanan Pelabuhan Lembar

Sebarkan artikel ini
Polair Polres Lombok Barat Tingkatkan Keamanan dan Kondusifitas Kamtibmas di Pelabuhan Lembar

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat telah meningkatkan keamanan dan kondusifitas kamtibmas di Pelabuhan Lembar melalui kegiatan Patroli Dialogis dan Polmas Air. Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023 – 2024 yang dilaksanakan oleh Sat Polairud Polres Lombok Barat.

Kasat Polairud Polres Lombok Barat, Iptu L. Nursidi, memimpin kegiatan patroli jalan kaki di sekitar Pelabuhan Timur ASDP Lembar, Sabtu (9/12/2023).

“Patroli ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak pidana kriminalitas dan tindak pidana perairan, seperti pencurian, perampokan, dan penyelundupan,” ungkapnya.

Namun, tujuan utamanya adalah dalam memberikan dukungan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan Operasi mantap Brata Rinjani 2023-2024.

Selain melakukan patroli, personel Sat Polairud Polres Lombok Barat juga memberikan himbauan kamtibmas kepada pengguna jasa Pelabuhan dan masyarakat setempat.

Himbauan tersebut meliputi menjaga keamanan dan kebersihan di sekitar Pelabuhan, berhati-hati dalam melaksanakan kegiatan di sekitar Pelabuhan.

Serta tidak mudah percaya terhadap isu, hate speech, dan berita bohong/hoax yang dapat memecah belah persatuan NKRI.

Di samping itu, Sat Polairud Polres Lombok Barat juga melaksanakan kegiatan Polmas Air. Melalui sosialisasi dan edukasi, mereka memberikan informasi tentang keselamatan perjalanan laut kepada pengguna jasa Pelabuhan.

Seperti buruh, pedagang asongan, dan masyarakat setempat. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keselamatan saat beraktivitas di laut.

Di tengah persiapan Pemilu Serentak Tahun 2023 – 2024, Sat Polairud Polres Lombok Barat juga menyampaikan edukasi tentang tahapan Pemilu dan mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas kamtibmas. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Kasat Polairud Polres Lombok Barat, Iptu L. Nursidi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menjaga keamanan dan kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Polres Lombok Barat. Ia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kondusifitas kamtibmas di wilayah tersebut.