Berita

Kapolsek Tanjung Amankan Acara Nyongkolang, Ribuan Warga Antusias Saksikan 12 iringan Gendang Beleq

1
×

Kapolsek Tanjung Amankan Acara Nyongkolang, Ribuan Warga Antusias Saksikan 12 iringan Gendang Beleq

Sebarkan artikel ini

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro.,S.I.K.,M.Si,.melalui Kapolsek Tanjung Akp Remanto SH, bersama jajaran, berhasil menjalankan pengamanan secara optimal pada acara tradisional iring-iringan pengantin (Nyongkolang) yang berlangsung di Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Diiringi dengan penampilan 12 Gendang Beleq Acara nyongkolang tersebut dengan rute perjalan, dimulai dari Dusun Tanak Song, Desa Jenggala, dan menuju Dusun Langgen, Desa Sama Guna, Kecamatan Tanjung. Senin (16/09/2024)

Acara nyongkolang ini menarik minat warga, sehingga menciptakan kepadatan di sepanjang rute perjalanan. Ribuan orang memenuhi jalanan, menyaksikan rombongan pengantin.

Untuk menjaga kelancaran acara dan memastikan tidak terjadi gangguan di sepanjang rute, AKP Remanto SH memimpin langsung pengamanan bersama 19 anggota Polsek Tanjung yang khusus dikerahkan untuk tugas pengaturan lalu lintas dan keamanan.

Dalam pernyataannya, Kapolsek menjelaskan bahwa pengamanan ini bertujuan mengantisipasi kemacetan akibat lonjakan jumlah massa dan kendaraan yang mengiringi acara Nyongkolang tersebut.

“Kami turunkan sebanyak 19 anggota Polsek yang dibantu oleh personel TNI untuk memastikan kelancaran lalu lintas dan keamanan di sepanjang rute iring-iringan pengantin,” ujar AKP Remanto SH.

Ia menambahkan bahwa pengamanan yang dilakukan bukan hanya untuk mengatur arus lalu lintas, tetapi juga untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat yang turut hadir dalam acara tersebut. Hal ini penting agar masyarakat dapat menikmati acara Nyongkolang dengan aman dan nyaman, tanpa adanya gangguan yang dapat mengurangi kemeriahan acara.

Selain itu, Kapolsek juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat setempat yang turut mendukung kelancaran acara dengan menjaga ketertiban dan mematuhi pengaturan yang telah ditetapkan oleh pihak keamanan.

“Alhamdulillah, acara Nyongkolang ini berjalan dengan lancar. Kami berharap dan mengajak masyarakat untuk terus menjaga Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), sehingga setiap kegiatan tradisi seperti ini bisa berlangsung dengan sukses dan membawa kesan positif bagi semua yang terlibat,” pungkas AKP Remanto SH.