BeritaBinkam

Cuaca Berubah-ubah, Polsek Gerung Lakukan Patroli Cek Debit Air

29
×

Cuaca Berubah-ubah, Polsek Gerung Lakukan Patroli Cek Debit Air

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam kegiatan patroli Polsek Gerung, sekaligus mengecek debit air, menyasar di sungai di wilayahnya.

Kapolsek Gerung Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP Agus Pujianto, S.Pd., M.H., menyebutkan, kegiatan ini sebagai langkah deteksi dini, Kamis (26/1/2023).

“Sebagai langkah deteksi dini, sehingga dapat meberikan peringatan lebih awal kepada Masyarakat, apabila berpotensi terjadinya banjir,” katanya.

Kali ini Jajaran Polsek Gerung menyambangi seputaran Jembatan Dusun Bongor Desa taman Ayu, dalam kegiatan patroli tersebut.

“Polsek Gerung meningkatkan patroli dengan sasaran wilayah desa yang terdapat perlintasan aliran sungai. Hal itu dilakukan untuk memantau potensi banjir yang dapat terjadi mengingat cuaca hujan serta berubah-ubah,” katanya.

Menurutnya, dengan curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir berpotensi menyebabkan banjir di sejumlah wilayah Kecamatan Gerung. Sehingga jajarannya lebih mengintensifkan patroli di desa-desa yang terdapat sungai-sungai besar.

“Dalam patroli kami cek debit air sungai dari jembatan dan daerah pinggiran sungai. Sekaligus memberikan imbauan kewaspadaan kepada warga di sekitarnya,” jelas kapolsek.

Kapolsek menambahkan patroli ini sebagai langkah kewaspadaan kepolisian akan potensi banjir yang mungkin terjadi. Dengan kegiatan tersebut harapannya warga ikut waspada sehingga bisa mengambil langkah apabila air sungai meluap.

“Hasil pengecekan malam ini, debit air di sejumlah sungai yang melintasi wilayah gerung masih dalam batas normal. Walaupun debit air mengalami peningkatan akibat hujan deras,” jelasnya.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat turut memantau situasi wilayah khususnya yang berada di pinggiran sungai.

“Agar melaporkan apabila sungai meluap ke pemukiman sehingga bisa dilakukan penanganan secara cepat. Sehingga kitab isa mengambil langkah antisipasi, bersama dengan phak-pihak terkait,” ujarnya.

Serta menghimbau warga waspada terhadap angin Kencang di Jalan Raya karena cuaca saat ini masih berubah ubah.