Berita

Kepolisian, Kecamatan, dan BPBD Bantu Tangani Luapan Air di Desa Perampuan Labuapi

48
×

Kepolisian, Kecamatan, dan BPBD Bantu Tangani Luapan Air di Desa Perampuan Labuapi

Sebarkan artikel ini
Luapan Air di Desa Perampuan Labuapi

Lombok Barat, NTB – Kapolsek Labuapi, Camat, dan BPBD Lombok Barat melakukan penanganan terhadap luapan air yang menggenangi sejumlah rumah warga di Desa Perampuan Labuapi, Rabu (15/2/2023).

Kapolres Lombok Barat, Polda NTB, AKBP Bagus Nyoman Gede J. SH., S.I.K., M.A.P., melalui Kapolsek Iptu Muhammad Baejuli, SH., menjelaskan persitiwa ini.

“Akibat penyempitan saluran air dan banyaknya kiriman sampah, menyebabkan luapan air yang menggenangi rumah warga. Bertempat di empat titik di Wilayah Desa Perampuan, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Sehingga luapan air ini sejumlah rumah warga, pada di titik-titik banjir, terdampak kepada sejumalah Kepala Keluarga (KK) . Antara lain Dusun Kerepet sebanyak 70 KK, Dusun Kapitan sebanyak 70 KK, Dusun Karang Bayan sebanyak 70 KK dan – Dusun Bayan Pengsong sebanyak 70 KK.

Kami dari Kepolisian mengambil langkah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Barat dan Camat Labuapi, untuk mendirikan dapur umum.

“Kemudian turun langsung membantu menutup tanggul-tanggul atau perumahan warga dengan karung berisikan pasir,” katanya.

Selanjutnya, bersama-sama menyiapkan tempat evakuasi untuk menampung warga yang terdampak di Masjid Bayanudin Dusun Kerepet Desa Perampuan.

“Sampai dengan saat ini situasi di lokasi masih terpantau aman dan air perlahan sudah mulai surut. Untuk mengantisipasi adanya hujan susulan Tim sudah mulai mengevakuasi warga yang terdampak khususnya warga yang punya balita,” tandasnya.

Turun langsung dalam kegiatan evakuasi antara lain Kapolsek Labuapi Iptu Muhammad Baejuli, SH., beserta jajarannya. Camat Labuapi L. Rifhandani, S.IP., Kades Perampuan H. M. ZUBAIDI, S.Ag. M.Pd.I., serta anggota Dinas BPBD Lombok Barat.