Berita

Nyongkolan di Dusun Pelepok Mesanggok, Polsek Gerung Kerahkan Bhabinkamtibmas untuk Pengamanan

59
×

Nyongkolan di Dusun Pelepok Mesanggok, Polsek Gerung Kerahkan Bhabinkamtibmas untuk Pengamanan

Sebarkan artikel ini
Pengamanan Nyongkolan, Kali ini di Dusun Pelepok Mesanggok

Lombok Barat, NTB – Polsek Gerung kerahkan personelnya dalam pengamanan nyongkolan, di Dusun Pelepok, Desa Mesanggok, Kecamatan Gerung, Sabtu (25/2/2023).

Kapolsek Gerung, Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP Agus Pujianto, S.Pd., M.H, mengatakan jajarannya melakukan pengamanan hingga pelaksanaan berakhir.

Rute Nyongkolan

“Pengamanan kegiatan adat  nyongkolan dari Desa montong Are menuju dusun pelepok Desa Mesanggok, dengan iringan musik kecimol,” ungkapnya.

Dalam kegiatan pengamanan ini melibatkan Bhabinkamtibmas Desa Mesanggok dan Babinsa Kebon Ayu.

“Pengamanan secara bersama-sama, guna memastikan pelaksanaannya tetap berjalan aman, lancar dan kondusif. Tentunya untuk mencegah segala bentuk gangguan yang mungkin saja terjadi, seperti keributan antar peserta, maupun potensi gangguan lainnya,” bebernya.

Terutama dalam mencegah terjadinya kemacetan arus lalulintas, yang dapat mengganggu Masyarakat, khususnya para pengguna jalan.

“Dengan menggunkan Kecimol, arak-arakan Tradisi Nyongkolan ini Star dari Desa montong Are menuju dusun pelepok Desa Mesanggok, Kecamatan Gerung,” terangnya.

Sehingga, untuk mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan tersebut, anggota melaksanakan pengaturan arus lalu lintas.

“Untuk memberikan rasa aman dan kelancaran kegiatan nyongkolan, guna antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas lainnya, kegiatan berjalan aman dan lancar,” tandasnya.

Tentang Nyongkolan

Nyongkolan adalah berupa arak-arakan kedua mempelai dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita. Dengan iringan keluarga dan kerabat mempelai pria. Memakai baju adat, serta rombongan musik yang bisa gamelan atau kelompok penabuh rebana, atau  Gendang beleq.

Tujuan dari prosesi ini adalah untuk memperkenalkan pasangan mempelai tersebut ke masyarakat, terutama pada kalangan kerabat maupun masyarakat.

Hingga saat ini Nyongkolan masih tetap dapat menmuinya di Lombok, iring-iringan yang menarik masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan incidental.

Sehingga membutuhkan pengamanan dari aparat Kepolsian guna mencegah terjadinya gangguan kamseltibcar lantas.