Berita

Bukan Hanya Pemeriksaan, Ini yang Dilakukan Polsek Pelabuhan Lembar dalam Mengamankan Kawasan

17
×

Bukan Hanya Pemeriksaan, Ini yang Dilakukan Polsek Pelabuhan Lembar dalam Mengamankan Kawasan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, melaksanakan serangkaian kegiatan pengamanan di Pelabuhan Lembar, Selasa (4/4/2023).

Mulai dari kegiatan pemeriksaan bongkaran kapal di pintu masuk Provinsi NTB hingga jaga Kapal MT. Kristin yang terbakar di perairan Ampenan NTB.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., mengatakan bahwa kegiatan ini untuk tetap menjaga situasi kamtibmas. Sekitar Pelabuhan Lembar, agar tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

“Terlebih saat ini menjelang Hari Raya Idhul Fitri, kami antisipasi arus penyeberangan untuk pengguna jasa, yang akan mudik,” ungkapnya.

Salah satunya melakukan pemeriksaan bongkaran kapal di pintu masuk Provinsi NTB tepatnya di Pelabuhan PT ASDP Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Seperti dalam kegiatan hari ini, melakukan pemeriksaan bongkaran KMP. Gading Nusantara yang sandar di Dermaga IV Pelabuhan PT ASDP Lembar. Dengan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan penumpang yang turun dari atas kapal.

“Pemeriksaan berupa Surat – surat Kendaraan (SIM dan STNK), juga pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan. Antisipasi barang ilegal, sajam, handak, narkoba maupun barang berbahaya lainnya,” jelasnya.

Hasilnya, seluruh Kendaraan melengkapinya dengan Surat kendaraan (SIM dan STNK). Serta tidak menemukan barang bawaan berbahaya atau terlarang lainnya.

Adapun untuk penumpang tau pengguna jasa yang turun dari KMP.Gading Nusantara antara lain Sepeda Motor sebanyak 15 unit. Kendaraan Kecil (KK) sebanyak 6 unit, Truk Mini (TM) sebanyak 3 unit, Truk Sedang (TS) sebanyak 7 unit. Kemudian Truk Besar (TB) sebanyak 2 unit, dan Tronton sebanyak 5 unit.

“Adapun kegiatan lainnya, melakukan Pengamanan Kapal MT. Kristin di Dermaga Pelabuhan PT. PDS (Pantai Damai Sejahtera),” imbuhnya

Kapal MT. KRISTIN merupakan Kapal yang terbakar di perairan Ampenan NTB, kini berada di Dermaga PT. PDS Lembar.

“Untuk mensterilisasikan wilayah Darmaga dalam rangka  Lanjutan proses investigasi oleh tim  puslapor polda Bali, tim inafis Polda NTB dan Polres Lombok Barat,” imbuhnya.