Berita

Antisipasi Potensi Gangguan di Pelabuhan Lembar: Polsek Kawasan Pelabuhan Lakukan Pemeriksaan Kendaraan dan Penumpang

35
×

Antisipasi Potensi Gangguan di Pelabuhan Lembar: Polsek Kawasan Pelabuhan Lakukan Pemeriksaan Kendaraan dan Penumpang

Sebarkan artikel ini
Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar Melakukan Pengamanan di Pelabuhan

Lombok Barat, NTB – Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, melaksanakan rangkaian pengamanan di Pelabuhan Lembar, mulai dari pemeriksaan, Penjagaan, hingga patrol di atas kapal, Rabu (3/5/2023).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., mengatakan kegiatan ini untuk memastikan kondusifitas di Wilayahnya.

“Memberi rasa aman kepada pengguna jasa kapal, serta meminimalisir segala bentuk potensi gangguan yang mungkin saja terjadi,” ungkapnya.

Adapun kegiatan pengamanan salah satunya pemeriksaan bongkaran KMP. Rodhita yang sandar di Dermaga I Pelabuhan PT ASDP Lembar. Dengan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan penumpang yang turun dari atas kapal.

Pemeriksaan yang dilakukan mencakup surat-surat kendaraan (SIM dan STNK) dan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan.

“Untuk mengantisipasi barang ilegal, sajam, handak, narkoba maupun barang berbahaya lainnya,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan, semua kendaraan dilengkapi dengan surat kendaraan (SIM dan STNK). Sedangkan hasil pemeriksaan barang bawaan seperti barang ilegal, sajam, handak, narkoba maupun barang berbahaya lainnya nihil.

Selain itu, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar juga melakukan pengamanan pembelian tiket di Toll Gate Pelabuhan Penyebrangan PT ASDP Lembar.

“Untuk mengantisipasi premanisme dan calo. Selama kegiatan, dilakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan (SIM dan STNK). Demikian juga barang bawaan untuk mengantisipasi sajam, bahan peledak serta barang berbahaya lainnya,” pungkasnya.

Terakhir, personel Polsek Kawasan Pelabuhan bersama dengan Otoritas Pelabuhan Lembar melakukan pengamanan pemuatan kendaraan di atas kapal KMP Dharma Kencana IX. Dengan melakukan pengecekan surat-surat kendaraan.

“Juga memberikan himbauan kepada pengguna jasa/penumpang di atas kapal untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan,” imbuhnya.

Sehingga kegiatan pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa kapal. Serta meminimalisir potensi gangguan yang mungkin terjadi di wilayah pelabuhan.