BeritaBinkam

Antisipasi 3C dan Premanisme: Polmas dan Himbauan Kamtibmas di Pelabuhan ASDP dan Pelindo III Lembar serta Pesisir Pantai Senggigi Batu Layar

46
×

Antisipasi 3C dan Premanisme: Polmas dan Himbauan Kamtibmas di Pelabuhan ASDP dan Pelindo III Lembar serta Pesisir Pantai Senggigi Batu Layar

Sebarkan artikel ini
Satpolairud Polres Lombok Barat Lakukan Patroli Dialogis dan Polmas untuk Jaga Kamtibmas di Perairan

Lombok Barat, NTB – Sat Polairud Polres Lombok Barat berupaya untuk menjaga situasi kamtibmas melalui Polmas di perairan dan pesisir, kamis (11/5/2023).

Dalam menjalankan tugasnya, anggota jaga kapal pos airud lembar dan piket jaga pos airud senggigi melaksanakan patroli dialogis. Bertempat di sekitar pelabuhan ASDP dan Pelindo III Lembar serta di sekitar pesisir pantai Senggigi Batu Layar.

“Melakukan antisipasi terhadap 3C (curat, curas, dan curanmor) maupun premanisme. Serta memberikan himbauan siskamtibmas kepada masyarakat. Agar selalu menjaga situasi kamtibmas dan kebersihan di sekitar pelabuhan dan objek wisata pantai Senggigi,” ungkap Kasat Polairud Polres Lombok Barat, Iptu L.M. Ikhsan.

Mengedepankan Polmas

Selain patroli, anggota piket jaga kapal pos airud lembar dan piket jaga pos airud senggigi juga melaksanakan Polmas di sekitar pelabuhan Pelindo III Lembar dan bibir pantai Senggigi.

Mereka memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat, seperti para pengguna jasa pelabuhan, supir dan penumpang. Serta pengunjung pantai Senggigi, agar selalu menjaga siskamtibmas di wilayah hukum Polres Lombok Barat. Meliputi perairan selatan Sekotong Lembar dan perairan Senggigi.

“Selain itu, anggota jaga pos Airud lembar juga melaksanakan giat penyuluhan kamtibmas. Monitoring aktivitas pengguna jasa pelabuhan (penumpang dan supir) di pakiran Pelindo III Lembar,” katanya.

Polmas dengan Memberikan Himbauan Kamtibmas

Mereka memberikan himbauan kamtibmas kepada para pengguna jasa pelabuhan agar selalu menjaga keamanan, kebersihan Pelabuhan.

“Tentunya untuk tetap menjaga keselamatan perorangan maupun kelompok pada saat di atas kapal untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbuhnya.

Selain itu, anggota Satpolairud juga melakukan pengecekan terhadap alat utama kapal polisi pos airud lembar dan senggigi.

Antara lain mengecek unit inventaris antara lain Kapal c2 dengan no lambung kp XXI-2002 pos airud lembar, satu unit Kapal c2 dengan no lambung kp XXI-2003 pos airud lembar. Satu unit kapal polisi c3 dengan no lambung kp XXI-1007 pos airud lembar. Serta satu unit kapal polisi c3 dengan no lambung kpXXI-1008 pos airud senggigi, satu unit Rubber boat pos airud Senggigi.

“Situasi masih kondusif, tidak ada kejadian menonjol seperti laka laut, illegal fishing, people smuggling, illegal mining, bom ikan/potasium, dan bencana alam. Seluruh kegiatan Satpolairud Polres Lombok Barat berjalan lancar dan aman,” tandasnya.