BeritaBinkam

Aktivitas Pelabuhan Lembar Tetap Normal dan Kondusif dengan Pemeriksaan Ketat terhadap Bongkaran Kapal

28
×

Aktivitas Pelabuhan Lembar Tetap Normal dan Kondusif dengan Pemeriksaan Ketat terhadap Bongkaran Kapal

Sebarkan artikel ini
Kepolisian Lakukan Pemeriksaan Bongkaran dan Pengamanan di Pelabuhan Lembar

Lombok Barat, NTB – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Lembar melakukan upaya pencegahan terhadap masuknya barang berbahaya dan terlarang di wilayah Pelabuhan, Rabu (17/5/2023).

Dengan memperketat pemeriksaan terhadap bongkaran kapal yang masuk ke Provinsi NTB, khususnya di Pelabuhan PT ASDP Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Bertempat di area Pelabuhan PT ASDP Lembar, melaksanakan kegiatan pemeriksaan bongkaran kapal dilakukan. Fokus pemeriksaan adalah terhadap kendaraan dan penumpang yang turun dari kapal, dengan tujuan mengantisipasi adanya barang ilegal, senjata tajam, bahan peledak, narkoba, serta barang berbahaya lainnya.

Aktifitas Pelabuhan Masih dalam keadaan Normal dan Kondusif

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., mengatakan hasil pelaksanaan pemeriksaan, tidak ada yang menonjol.

“Semua kendaraan melengkapinya dengan surat kendaraan (SIM dan STNK) yang lengkap. Selain itu, hasil pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang juga menunjukkan bahwa tidak ditemukan barang terlarang maupun illegal. Seperti senjata tajam, bahan peledak, narkoba, atau barang berbahaya lainnya,” ungkapnya.

Adapun jumlah penumpang dan kendaraan yang turun dari KMP. Perdana Nusantara adalah sebagai berikut:

Sepeda Motor sebanyak 6 unit, Kendaraan Kecil (KK) sebanyak 2 unit, Truk Mini (TM) sebanyak 2 unit, Truk Sedang (TS) sebanyak 6 unit. Kemudian Truk Besar (TB) sebanyak 3 unit, dan Tronton sebanyak 2 unit.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., mengungkapkan apresiasinya terhadap hasil pemeriksaan ini.

“Menunjukan bahwa, sebagain besar pengguna jasa penyeberangan telah mengetahui, apa saja yang harus melengkapinya,” ujarnya.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pelabuhan serta mencegah peredaran barang berbahaya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan kegiatan mencurigakan yang dapat membahayakan keamanan bersama.

Untuk Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Kepada Masyarakat

Pemeriksaan yang ketat di pelabuhan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jasa Pelabuhan. Serta mencegah peredaran barang-barang ilegal dan berbahaya di wilayah tersebut.

“kami dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Lembar akan terus melakukan upaya pencegahan dan pengawasan. Untuk menjaga keamanan masyarakat dan wilayah pelabuhan yang menjadi pintu gerbang utama masuk ke Provinsi NTB,” tandasnya.