BeritaBinkamPatroli

Kegiatan Adat Nyongkolan di Kecamatan Kuripan Berjalan Aman dan Lancar dengan Dukungan Polsek Kuripan

47
×

Kegiatan Adat Nyongkolan di Kecamatan Kuripan Berjalan Aman dan Lancar dengan Dukungan Polsek Kuripan

Sebarkan artikel ini
Pengamanan Kegiatan Adat Nyongkolan di Kecamatan Kuripan

Lombok Barat, NTB – Kegiatan adat nyongkolan di wilayah Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat pada Minggu (28/5/2023), sukses berjalan dengan aman dan lancar.

Kapolsek Kuripan, Iptu Sutrisno, mengatakan bahwa kegiatan pengamanan melibatkan gabungan personel Polsek Kuripan dan Bhabinkamtibmas Desa Kuripan dan Jagaraga berjalan dengan optimal.

“Kegiatan adat nyongkolan di Kecamatan Kuripan ini melibatkan tiga titik jalur prosesi. Pertama, nyongkolan warga di seputaran dusun Karang Bucu, Desa Jagaraga,” ungkapnya.

Prosesi mulai dari jalan raya depan Ponpes Nurul Madinah, Desa Kuripan Utara, menuju rumah pengantin perempuan di Dusun Karang Bucu, Desa Jagaraga.

Dalam nyongkolan ini, peserta mencapai sekitar 150 orang dan musik kecimol yang mengiringi langkah mereka.

Selanjutnya, nyongkolan warga Desa Rarang, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, menuju Dusun Tongkek, Desa Kuripan.

Prosesi dimulai dari jembatan Sulin, Kabupaten Lombok Tengah, yang berbatasan dengan Desa Kuripan. Peserta nyongkolan dalam titik ini mencapai sekitar 200 orang dan alat musik tradisional gendang Beleq yang mengiringinya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tidak terjadi kejadian yang menonjol dan arus lalu lintas di sekitar lokasi tetap lancar. Hal ini sebagai hasil dari upaya pengamanan yang oleh personel Polsek Kuripan dan Bhabinkamtibmas Desa Kuripan dan Jagaraga. Keberhasilan menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan adat nyongkolan ini membuat warga merasa aman dan tenang.

Iptu Sutrisno menyampaikan apresiasinya kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan serta peserta nyongkolan itu sendiri.

“Semoga kegiatan adat ini dapat terus dilestarikan dan memberikan manfaat bagi warga Kuripan, tentunya ketertiban pelaksanaannya juga patut mengapresiasinya,” ujarnya.

Kegiatan adat nyongkolan tersebut berakhir pada pukul 18.00 WITA dengan kondisi aman, lancar, dan kondusif.

Polsek Kuripan tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan kepolisian yang terbaik kepada masyarakat di wilayahnya.