BinkamSosial Budaya

Semangat Pancasila Berkobar, Polres Lombok Barat Ajak Masyarakat Aktualisasikan Nilai-nilai Luhur

34
×

Semangat Pancasila Berkobar, Polres Lombok Barat Ajak Masyarakat Aktualisasikan Nilai-nilai Luhur

Sebarkan artikel ini
Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila di Polres Lombok Barat Berlangsung Khidmat

Lombok Barat, NTB – Suasana khidmat terasa saat Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila tahun 2023 berlangsung di Lapangan Polres Lombok Barat, Kamis (1/6/2023). Waka Polres Lombok Barat, Kompol Taufik, S.IP, memimpinnya langsung selaku inspektur upacara.

“Upacara ini menjadi momen penting bagi masyarakat dalam memperingati nilai-nilai luhur Pancasila sebagai landasan negara Indonesia,” ungkap Waka Polres.

Waka Polres Lombok Barat, Kompol Taufik, S.IP, menyampaikan amanat Presiden Republik Indonesia, bahwa betapa pentingnya Pancasila. Sebagai falsafah dasar, pandangan hidup, ideologi, dan kekuatan pemersatu bangsa.

Semangat Pancasila, untuk Berkarya dan Beraktivitas Tanpa Batas

Pancasila bukan sekadar konsep statis, melainkan juga sebuah petunjuk dinamis dalam menjalani kehidupan bermasyarakat yang merdeka, bersatu, adil, dan makmur.

“Mari kita gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote. Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia,” ujarnya.

persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. “Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia,” ujar Wakapolres, menyampaikan amanat Presiden.

Upacara ini juga menjadi momentum untuk mengingat peran para founding fathers dalam mewariskan Pancasila kepada generasi sekarang.

Seluruh rakyat Indonesia turut berterima kasih dan menghormati mereka atas warisan luhur yang kita nikmati hingga saat ini.

Nilai-nilai Pancasila Membangun Peradaban yang Gemilang

Lebih lanjut, Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca, mendengar, dan memahami Pancasila bukanlah tujuan akhir, tetapi harus mengimplementasikannya dalam tindakan nyata. Saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati menjadi langkah awal dalam mewujudkan kehidupan berbangsa yang harmonis.

“Dengan semangat yang membara, masyarakat Lombok Barat berkomitmen untuk menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam setiap aspek kehidupan,” ucapnya.

Dalam rangka mencapai tujuan besar Indonesia sebagai bangsa yang disegani dan maju, nilai-nilai Pancasila akan menjadi pijakan yang kuat untuk membangun peradaban yang gemilang.

Upacara Bendera Hari Lahir Pancasila di Polres Lombok Barat ini berjalan dengan khidmat dan penuh kebersamaan.

Semua peserta upacara menyatu dalam semangat nasionalisme dan cinta tanah air. Harapannya peringatan ini dapat memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Menjaga persatuan, dan terus memperkokoh kebhinekaan bangsa,” tutup Waka Polres Lombok Barat, Kompol Taufik, S.IP.