Berita

Strategi Pencegahan Kriminalitas: Polsek Sekotong Gencar Lakukan Patroli Dialogis

32
×

Strategi Pencegahan Kriminalitas: Polsek Sekotong Gencar Lakukan Patroli Dialogis

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Patroli Dialogis Polsek Sekotong di Lombok Barat untuk Antisipasi Tindak Kejahatan dan Kriminal

Lombok barat, NTB – Polsek Sekotong mengintensifkan kegiatan kegiatan patroli dialogis, dalam rangka mencegah tindak kejahatan dan kriminalitas lainnya di wilayah hukum Polsek Sekotong, Minggu (04/06/2023).

Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, SH, mengungkapkan bahwa kegiatan patroli dialogis ini merupakan bagian dari strategi pencegahan kriminalitas oleh Jajarannya.

“Melalui pendekatan dialogis, kami berupaya untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan masyarakat. Sehingga masyarakat merasa lebih terlibat dalam menjaga keamanan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Upaya Menciptakan Keamanan yang Optimal bagi Masyarakat

Polsek Sekotong berkomitmen untuk terus melakukan patroli dan upaya pencegahan lainnya guna menciptakan keamanan yang optimal bagi masyarakat.

Mereka mengajak masyarakat untuk selalu bekerja sama dan melaporkan segala bentuk kejahatan yang terjadi di sekitar mereka.

Tim patroli melakukan dialogis dengan sejumlah target strategis, termasuk anak-anak muda yang nongkrong di Dusun Pelangan Barat Satu, Desa Pelangan.

Kemudian menyambangi warga pada perumahan padat penduduk di Dusun Selindungan, Desa Pelangan. Berlanjut menuju kandang kumpul hewan ternak sapi warga di Dusun Permula, Desa Pelangan. Serta tempat rawan tindak kejahatan 3C serta aksi kriminal lainnya di simpang tiga Pasar Pelangan.

“Menghimbau kepada Masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca yang tidak menentu. Serta mengingatkan agar segera melaporkan jika ada orang yang mencurigakan,” imbuhnya.

Berinteraksi dengan Warga Dusun Selindungan, Desa Pelangan

Adapun rangkaian kegiatan patroli dialogis polsek sekotong, berinteraksi dengan warga pada perumahan padat penduduk di Dusun Selindungan, Desa Pelangan.

Mereka melakukan antisipasi terhadap pencurian hewan ternak dan memberikan himbauan kepada warga yang berjaga agar selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. Jika ada hal mencurigakan, warga diminta untuk segera menghubungi anggota Polsek Sekotong.

Menyambangi Kandang Kumpul di Dusun Permula

Selanjutnya, patroli dilakukan ke kandang kumpul di Dusun Permula, Desa Pelangan. Tujuan patroli ini adalah untuk mengantisipasi tindak kejahatan 3C, pencurian hewan ternak, dan kejahatan lainnya. Juga menghimbau warga untuk selalu waspada terhadap lingkungan sekitar dan segera melaporkan hal mencurigakan kepada anggota Polsek Sekotong.

Memantau Simpang 3 Pelangan

Terakhir, tim patroli menyisir Jalan Raya simpang tiga Pelangan, Desa Pelangan, dalam rangka mengantisipasi tindak kejahatan. Meliputi aksi kriminalitas 3C, terutama saat masyarakat sedang istirahat atau menjelang waktu subuh. Dari pantauan anggota, tidak ditemukan adanya balapan liar yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kegiatan patroli dialogis ini dengan tujuan utama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat,” tandasnya.