Berita

Pengamanan Ketat Polsek Sekotong Memastikan Keselamatan Perayaan Waisak 2567 Buddhis Era

36
×

Pengamanan Ketat Polsek Sekotong Memastikan Keselamatan Perayaan Waisak 2567 Buddhis Era

Sebarkan artikel ini
Pengamanan Perayaan Waisak di Vihara Giri Ratana Suriya Lenong, Berlangsung Kondusif dan Aman

Lombok Barat, NTB – Kegiatan perayaan peringatan detik-detik Tri Suci Waisak 2567 Buddhis Era (BE) 2023 di Vihara Giri Ratana Suriya Lenong, berlamngsung aman dan lancar.

Bertempat dusun Makam Kedaro, desa Persiapan Belongas, kecamatan Sekotong, mendapat pengamanan dari anggota Polsek Sekotong, Minggu (4/6/2023).

Kapolsek Sekotong, Iptu I Kedek Sumerta, SH mengatakan pengamanan melibatkan sinergitas TNI-Polri untuk memastikan kelancarannya.

“Pengamanan melibatkan Personil Polsek Sekotong dan Koramil 1606-06 Sekotong, bertugas mengamankan area sekitar vihara. Guna memastikan kelancaran persembahyangan serta mengkoordinasikan dengan pengurus vihara untuk menjaga ketertiban jemaat,” ungkapnya.

Dalam acara persembahyangan sejumlah tokoh agama, pengurus vihara, serta masyarakat jemaat umat Budha Lenong mengikutinya. Dalam acara tersebut, sekitar 40 orang jemaat berpartisipasi dalam prosesi penyembahan dan meditasi sebagai bentuk penghormatan kepada Buddha.

“Selama perayaan Waisak, personil Polsek Sekotong dan Koramil 1606-06 tetap berjaga di sekitar vihara untuk memantau keamanan lingkungan. Kegiatan persembahyangan berlangsung dengan khidmat dan lancar, tanpa adanya gangguan keamanan yang signifikan,” ujarnya.

Pengurus vihara dan jemaat umat Budha Lenong juga memberikan apresiasi. Atas upaya kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan di acara tersebut.

Perayaan Waisak tahun ini mengambil tema ‘Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma di Dalam Kehidupan Sehari-Hari’. Dengan sub tema ‘Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia’.

Kegiatan ini merupakan momen penting bagi umat Budha Lenong dalam mengenang kelahiran, penerangan agung, dan parinibbana (wafat) Buddha Gautama.

“Dengan amannya perayaan Waisak di Vihara Giri Ratana Suriya Lenong. Harapannya dapat memperkuat persatuan, kesatuan, dan perdamaian di tengah masyarakat,” ujarnya.

Kapolsek Sekotong berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.