Berita

Polsek Labuapi Gelar Kegiatan Jumat Curhat di Desa Bagik Polak Barat

41
×

Polsek Labuapi Gelar Kegiatan Jumat Curhat di Desa Bagik Polak Barat

Sebarkan artikel ini
Jumat Curhat Polsek Labuapi di Desa Bagik Polak Barat, Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polsek Labuapi melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di Dusun Lendang Desa Bagik Polak Barat, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (23/6/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Jajaran Polsek Labuapi beserta beberapa tokoh dan pihak terkait, antara lain Ps. Kanit Binmas Polsek Labuapi Aipda I Gusti Bagus Dana. Kemudian Bhabinkamtibmas Desa Bagik Polak Barat, Bhabinkamtibmas Desa Bagik, Bhabinkamtibmas Desa Bengkel. Juga Kepala Desa Jauhari Mamu’n S.pi, Kepala Dusun Se Desa Bagik Polak Barat, Anggota BPD Lendang Suhaili, Staf Desa Bagik Polak Barat, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kapolsek Labuapi, Iptu M. Baejuli SH, menjelasakan bahwa, dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut, warga menyampaikan beberapa keluhan dan saran.

“Program Jumat Curhat yang dilaksanakan hari ini merupakan program dari pusat hingga ke tingkat Polsek. Sehingga mengajak aparatur desa dan warga untuk menyampaikan usul, saran, atau permasalahan yang ada di Desa Bagik Polak Barat,” ungkapnya.

Selanjutnya, kepala Desa Bagik Polak Barat memberikan apresiasi terhadap program kepolisian, khususnya Program Jumat Curhat, dan mengucapkan terima kasih atas kinerja Polsek Labuapi.

Kepala Desa juga mengharapkan peningkatan patroli di setiap dusun yang berbatasan dengan Desa Kediri. Serta menjaga komunikasi dan silaturahmi untuk menjaga kamtibmas di wilayah Desa Bagik Polak Barat, terutama di daerah yang dianggap rawan kejahatan.

Selanjutnya, staf desa Bagik Polak Barat menginginkan agar Program Jumat Curhat tidak hanya ditujukan kepada tokoh agama atau tokoh masyarakat. Tetapi juga melibatkan kelompok pengajian atau kelompok pemuda di desa tersebut. Sehingga kegiatan negatif yang dilakukan oleh pemuda dapat dihindari.

Kadus Jogot Timur mengungkapkan keinginannya agar pihak kepolisian meningkatkan patroli di wilayah Dusun Jogot. Terutama dalam menangani permasalahan minum-minuman beralkohol oleh anak muda di jalan utama, seperti di simpang empat Pasar Jerneng.

Kadus juga berharap agar pihak kepolisian dapat memberikan teguran kepada anak-anak muda tersebut. Selain itu, ia juga mengingatkan tentang kerawanan kamtibmas di wilayah Desa Bagik Polak Bar at, terutama di perbatasan dengan Desa Gelogor Kecamatan Kediri.

Selanjutnya, Kadus Jerneng menyampaikan beberapa masalah terkait keamanan dan ketertiban di wilayah desa.

Ia mengungkapkan bahwa meskipun pos ronda dan Badan Keamanan Desa (BKD) sudah ada di Desa Bagik Polak Barat, namun masih belum aktif.

Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ronda adalah banyaknya warga yang tidak bisa bergabung karena terkendala oleh pekerjaan.

Selain itu, terkait dengan tradisi adat nyongkolan, Kadus Jerneng mengungkapkan bahwa telah ada kesepakatan bersama untuk melarang kegiatan tersebut. Tetapi belum ada aturan resmi yang mengatur hal tersebut.

Menanggapi masukan dan tanggapan yang disampaikan, Kapolsek labuapi menegasakan bahwa jajarannya akan meningkatkan kegiatan patroli di dusun-dusun.

Terutama di wilayah yang rawan gangguan kamtibmas. Ia menjelaskan bahwa Polsek Labuapi telah melaksanakan patroli dengan menggunakan kendaraan roda dua guna mencapai gang-gang yang ada di dusun.

“Kami juga mengimbau agar seluruh masyarakat tetap menjaga keamanan lingkungan sekitar dan mengaktifkan kembali kegiatan ronda bersama dengan BKD. Serta partisipasi aktif dari warga,” ujarnya.

Terkait dengan tradisi adat nyongkolan, menurutnya pihak kepolisian tidak memiliki wewenang untuk ikut campur dalam pembuatan aturan desa atau melarang kegiatan tersebut.

“Apabila sudah ada aturan atau awik-awik yang melarang warga melakukan nyongkolan dengan menggunakan alat musik kecimol, diharapkan aturan tersebut dapat disosialisasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan kerjasama antara Polsek Labuapi, kepala desa, kadus, dan masyarakat dapat terus ditingkatkan. Dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan di Desa Bagik Polak Barat.

Program Jumat Curhat akan terus dilaksanakan sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi dan membangun sinergi antara kepolisian dan masyarakat. Dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.