Berita

Kepolisian Labuapi Menjaga Keamanan dan Ketertiban Selama Pelaksanaan Giat Adat Nyongkolan

25
×

Kepolisian Labuapi Menjaga Keamanan dan Ketertiban Selama Pelaksanaan Giat Adat Nyongkolan

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Anggota Polsek Labuapi melaksanakan patroli dan pengamanan dalam rangka mengawal giat adat Nyongkolan di Dusun Bagu, Desa Terong Tawah, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (01/07/2023).

Kapolsek Labuapi Iptu M. Baejuli, SH mengatakan Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Nyongkolan.

“Dalam pelaksanaan patroli dan pengamanan, personel Polsek Labuapi melaporkan bahwa giat adat Nyongkolan melibatkan dua rangkaian kecimol dengan estimasi massa penyongkol sekitar 200 orang,” ungkapnya.

Personel polisi yang bertugas melakukan pengamanan giat adat tersebut mengatur arus lalu lintas di jalan Desa Terong Tawah yang dilalui. Mereka juga memberikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat penyongkol dan warga sekitar agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Pelaksanaan giat adat Nyongkolan berjalan dengan aman dan lancar, dan berakhir pada pukul 18.00 Wita.

“Dalam kegiatan ini, adalah untuk mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas dengan pengaturan arus secara tertib menggunakan sistem buka-tutup,” imbuhnya.

Dengan Kehadiran personel polisi juga diharapkan dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi warga yang ikut serta dalam giat adat Nyongkolan serta masyarakat sekitar.

Selain itu, melalui kegiatan patroli dan pengamanan ini, pesan-pesan kamtibmas disosialisasikan kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap tindak pidana 3C (curat, curas, curanmor) dan tindak kejahatan lainnya.

Dengan terselenggaranya patroli dan pengamanan giat adat Nyongkolan ini, tercipta situasi aman dan kondusif selama pelaksanaannya.

“Polsek Labuapi terus berkomitmen untuk menjaga keamanan masyarakat melalui dukungan kemananan di wilayah Kecamatan Labuapi,” tandasnya.