Berita

Acara Sorong Serah Kirab Pemilu di Lombok Barat, Kabupaten Terakhir Sebelum Diserahkan ke Provinsi Bali

29
×

Acara Sorong Serah Kirab Pemilu di Lombok Barat, Kabupaten Terakhir Sebelum Diserahkan ke Provinsi Bali

Sebarkan artikel ini
Sorong Serah Kirab Pemilu Tahun 2024 di Lombok Barat Berlangsung Meriah dan Lancar

Lombok Barat, NTB – Sorong Serah (Serah Terima) Kirab Pemilu Tahun 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat berlangsung denga naman dan lancar, Jumat (7/7/2023).

Dalam acara ini, dihadiri oleh berbagai tokoh dan instansi penting ini berhasil menyemarakkan semangat menyambut Pemilu tahun depan.

Antara lain Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag., M.Si, Ketua DPRD Hj. Nurhidayah, S.E., Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede J, S.H., S.I.K., M.A.P.

Sekretaris Daerah H. Ilham, S.Pd., M.Pd, Kejaksaan Negeri Mataram, KPU Provinsi NTB, serta Ketua KPU Lombok Barat Bambang Karyono, M.H, beserta Komisioner dan Staff.

Selain itu, juga turut hadir perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lombok Barat, Danramil Gerung, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Barat.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Politik se Kabupaten Lombok Barat, PPK dan PPS se Kabupaten Lombok Barat, serta berbagai tamu undangan lainnya.

Sebelum acara utama, terdapat rangkaian kegiatan pra-acara yang mengawali Sorong Serah (Serah Terima) Kirab Pemilu Tahun 2024.

Rombongan iring-iringan bendera Kirab Pemilu 2024 berkumpul di Tembolak dan kemudian melakukan pergeseran. Dari Kota Mataram menuju Star di Depan Ponpes Hidayatuddarain Dasan Geres dengan pengawalan dari Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat.

Rombongan ini kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kantor KPU Kabupaten Lombok Barat dengan berjalan kaki, diiringi oleh drumband, gendang beleq, dan barongsai.

Sampai di Kantor KPU Kabupaten Lombok Barat, rombongan bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 dari KPU Kota Mataram melaksanakan prosesi Sorong Serah (Serah Terima) dalam adat Sasak.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan tari selamat datang yang dibawakan oleh siswa-siswi SMPN 1 Gerung.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Lombok Barat Bambang Karyono, M.H menekankan bahwa Lombok Barat telah siap untuk menjadi bagian dari perjalanan Kirab Pemilu.

“Lombok Barat telah siap untuk menjadi bagian dari perjalanan Kirab Pemilu, untuk bersatu dengan pemerintah, masyarakat, dan KPU guna menyukseskan Pemilu tahun 2024,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia juga menginformasikan bahwa perjalanan Kirab akan terus berlanjut di Kabupaten Lombok Barat selama enam hari ke depan hingga tanggal 13 Juli 2023. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Karang Asem, Bali.

Ketua KPU Provinsi NTB juga menyampaikan bahwa rangkaian perjalanan Kirab Pemilu di Provinsi NTB berjalan lancar.

“Kabupaten Lombok Barat menjadi kabupaten terakhir sebelum diserahkan ke Provinsi Bali,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya sosialisasi tahapan Pemilu kepada masyarakat untuk menghindari kesalahan selama pelaksanaan tahapan Pemilu. Serta komitmen KPU untuk menyelenggarakan Pemilu yang bersih sebagai sarana integrasi bangsa.

Kemudian Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag.,M.Si mengajak untuk tetap menjaga semangat kolaborasi dalam melaksanakan tahapan Pemilu.

“Saya berkeyakinan bahwa Pemilu tahun 2024, khususnya di Kabupaten Lombok Barat, akan berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Acara kemudian berlanjut dengan pembacaan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa oleh Ketua KPU Lombok Barat yang didampingi oleh Sekretaris dan anggota.

Setelah itu, dilakukan prosesi serah terima bendera petaka dan kirab Pemilu 2024, serta penandatanganan berita acara oleh KPU Kota Mataram kepada Ketua KPU Kabupaten Lombok Barat.