Berita

Kapolres Lombok Timur Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani 2023 di Lapangan Patriatama Polres Lombok Timur

32
×

Kapolres Lombok Timur Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rinjani 2023 di Lapangan Patriatama Polres Lombok Timur

Sebarkan artikel ini

Lombok Timur – Kapolres Lombok Timur, AKBP Hery Indra Cahyono S.H, S.I.K., M.H,. pimpin apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani 2023. Apel tersebut dilaksanakan di Lapangan Patriatama Polres Lombok Timur pada hari Senin (29/07/23) pukul 08.00 Wita.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Apel gelar pasukan tersebut diikuti oleh berbagai unsur, antara lain satu peleton Gabungan Pejabat Utama (PJU) Polres Lotim dan Kodim 1615 Lotim, satu peleton Kapolsek Jajaran Polres Lotim, satu peleton Dinas Perhubungan, Satu peleton Satuan Lalu Lintas, Satu Peleton Gabungan Staf dan Satu Peleton Gabungan Res Intel.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolres Lotim, disampaikan pesan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Beliau mengungkapkan bahwa masalah lalu lintas saat ini semakin kompleks dengan bertambahnya jumlah kendaraan, yang mengakibatkan banyak permasalahan seperti kecelakaan lalu lintas.

Kapolres Lotim juga menyampaikan himbauan kepada seluruh peserta apel agar melakukan langkah-langkah antisipatif guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam menangani permasalahan lalu lintas, tidak hanya tanggung jawab kepolisian, tetapi juga membutuhkan kerjasama dengan instansi terkait dan partisipasi masyarakat.

Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas dan tingginya fatalitas adalah adanya pengendara yang tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI). Oleh karena itu, Kapolres Lotim mengimbau para peserta apel untuk melakukan deteksi dini dan memetakan lokasi-lokasi yang rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, dilakukan penegakan hukum melalui tilang, memberikan edukasi kepada masyarakat, serta melakukan kounter opini melalui berbagai media cetak dan online.

Operasi Patuh Rinjani 2023 mengangkat tema “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”. Dengan tema ini, diharapkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dapat ditingkatkan sehingga tercipta tatanan berlalu lintas yang tertib dan aman.

Kegiatan apel gelar pasukan berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan doa. Kapolres Lotim berharap melalui pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani 2023, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dapat meningkat, sehingga tercipta lingkungan berlalu lintas yang aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan.