Berita

Kapolres Sumbawa Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Rinjani – 2023

29
×

Kapolres Sumbawa Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Rinjani – 2023

Sebarkan artikel ini

Sumbawa Barat – Polres Sumbawa Barat menggelar Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Rinjani – 2023, dengan Jargon “Patuh dan Tertib Berlalu lintas Cermin Moralitas Bangsa”, pada Hari Senin (10/7/2023), pukul 08.00 Wita, bertempat di Lapangan Sarja Arya Racana, Polres Sumbawa Barat.

Kasi Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Edi Sobandi Adireja S.sos mengatakan dalam giat tersebut bertindak sebagai pimpinan apel AKBP Yasmara Harahap S.I.K dan Komandan Apel IPDA Ari Rachman Fadillah, S.Tr.K, Kanit Regident Polres Sumbawa Barat

Lanjut Kasi Humas dalam Apel Gelar Pasukan OPS Patuh Rinjani – 2023 di ikuti oleh PJU Polres Sumbawa Barat,
Kapolsek jajaran Polres Sumbawa Barat, Personel Polres Sumbawa Barat, Danki Brimob dan Personel Kompi 2 Batalyon B Pelopor Sumbawa Barat Sat Brimob Polda NTB, Personel Kodim 1628/SB, dan Personel Dishub Kabupaten Sumbawa Barat.

Dalam Amanat Kapolda NTB, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Yasmara Harahap S.I.K menyampaikan munculnya permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang sangat cepat dan dinamis. Adapun bentuknya permasalahan lalu lintas di picu oleh beberapa faktor yaitu meningkatnya jumlah kendaraan bermotor, meningkatnya populasi masyarakat serta meningkatnya pola aktivitas masyarakat NTB khususnya pasca dibukanya kembali di Provinsi NTB sebagai destinasi wisata domestik maupun internasional.

Lanjut Kapolres, bahwa berbagai faktor tersebut turut munculnya permasalahan di bidang lalu lintas meliputi meningkatnya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terhadap masyarakat setempat terlebih lagi orang asing (WNA), yang menjadi korban Laka lantas.

Sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya upaya nyata dalam melakukan sosialisasi dan himbauan langsung kepada masyarakat dan turis asing. Ditlantas dan Satlantas jajaran Res/Ta, Res atau Kota Polda NTB telah memasang ribuan himbauan dalam bentuk baliho di berbagai titik yang dianggap rawan Laka Lantas, bahkan sudah membuat nota kesepahaman atau MoU dengan pemilik rental R2 atau R4 dengan ketentuan bagi pengguna atau penyewa Roda 2 atau Roda 4 harus memiliki kecakapan dalam mengendarai dan mengemudi, harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), serta rental harus menyiapkan Helm Standar Nasional (SNI), bagi pengendara sepeda motor guna terciptanya Kamseltibcar Lantas (Keamanan Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas),yang aman dan lancar.

Kita menyadari bahwa permasalahan di bidang lalu lintas tidak bisa di selesaikan dengan kerja keras oleh Personel Polri saja namun perlu adanya peran serta yang sinergis antara Polri , Pemerintah Daerah dan Stakeholder terkait, sehingga diharapkan dapat tercapainya kordinasi yang solid guna terciptanya Kamseltibcar Sat lantas yang aman dan kondusif.

Dalam Operasi kali ini Kapolres menyampaikan pada pelaksanaan Operasi Patuh Rinjani 2022 sebanyak 7.571 pelanggaran dengan tilang manual dan teguran 7.571 serta angka kecelakaan lalu lintas saat Operasi Patuh Rinjani 2022 sebanyak 24 kejadian dengan korban meninggal sebanyak 14 orang, korban Luka berat 11 dan luka ringan 24 orang, dari hasil evaluasi tersebut bahwa dominasi pelanggaran dan Laka lantas yang terjadi adalah pengguna Helm SNI, Safety Belt dan pelanggaran terhadap Rambu atau Marka jalan serta faktor Human Eror. Menyikapi hal tersebut dalam rangka mendukung tercapainya Kamseltibcar Sat Lantas Yang aman dan lancar, Polda NTB beserta segenap Stakeholder terkait akan menggelar Operasi Kepolisian kewilayahan di bidang lalu lintas dengan sandi ” Patuh Rinjani 2023″ yang akan dilaksanakan selama 14 Hari yang di mulai sejak tanggal 10 sampai dengan 23 Juli 2023.

Serta merupakan upaya Polri dalam rangka meningkatkan patuh masyarakat sehingga diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas kecelakaan , serta Pos Patuh Rinjani 2023 ini dengan tugas pokok mengedepankan giat Edukatif, dan Persuasif serta Humanis di dukung Gakkum lantas secara Elektronik atau statis dan Mobile dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.Melalui ini saya berharap Polda NTB dapat berkontribusi maksimal dalam meningkatkan patuh masyarakat khususnya kaum generasi milenial sehingga mereka dapat lebih disiplin dan patuh akan hukum yang berlaku dan mampu menjadi pelopor patuh berlalulintas guna menyelamatkan generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Pada pelaksanaan Pos Patuh Rinjani 2023 Kali ini menerapkan cara bertindak yaitu:

1.Melaksanakan deteksi dini dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan macet, pelanggaran dan Laka lantas.

2.Melaksanakan di imbau kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas berupa giat sosialisasi penyuluhan melalui pemasangan spanduk,banner, baliho, penyebaran Diklat dan pembagian sticker serta melalui media cetak, elektronik dan Medsos.

3.Melaksanakan Edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

4.Melaksanakan GakKum secara elektronik atau teguran terhadap tindakan pelanggaran atau Laka lantas.

5.Melakukan counter opini terhadap berita – berita Hoax di Medsos, Online, maupun Mainstream terkait OPS 2023.

Guna mencapai tujuan dan sasaran yang sudah di tetapkan maka Operasi ini dilaksanakan dengan mengedepankan
Tindakan edukatif, persuasif dan Humanis,di dukung dengan pendekatan hukum secara elektronik, teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polisi lalu lintas melalui upaya – upaya tersebut. Diharapkan tujuan dari Operasi ini dengan tema Patuh dan Tertib Berlalu lintas Cermin Moralitas Bangsa Akan Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.