Berita

Teguran Simpatik dan Edukasi, Cara Polres Lombok Barat Tertibkan Pengendara di Operasi Patuh Rinjani 2023

18
×

Teguran Simpatik dan Edukasi, Cara Polres Lombok Barat Tertibkan Pengendara di Operasi Patuh Rinjani 2023

Sebarkan artikel ini
Cara Polres Lombok Barat Tertibkan Pengendara di Operasi Patuh Rinjani 2023

Lombok Barat, NTB – Operasi Patuh Rinjani 2023 yang dilaksanakan oleh Polres Lombok Barat masih terus berlangsung. Pada hari Sabtu (22/7/2023), operasi tersebut dilakukan di Simpang 3 Meninting Desa Meninting Kecamatan Batulayar, Lombok Barat.

Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pengguna jalan terhadap peraturan lalu lintas sebagai upaya untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamtibcarlantas) di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

Kasat Lantas Polres Lombok Barat AKP Agus Rachman, S.H mengatakan, operasi ini tidak hanya melibatkan personel Polres Lombok Barat, namun juga melibatkan unsur lainnya seperti BKO POM TNI, Brimob Polda NTB dan Dishub Lombok Barat.

“Dalam kegiatan ini kami tetap menggunakan pola edukasi yang prefentif dan teguran simpatik selama operasi di lapangan kepada pengendara kasat mata. Kami juga telah menekankan kepada personel yang terlibat untuk tidak melakukan tindakan kontraproduktif dengan masyarakat. Sehingga tetap mengedepankan sikap humanis,” ujar Agus.

Agus menambahkan, tolak ukur keberhasilan operasi ini adalah menurunnya angka kecelakaan maupun pelanggaran lalu lintas khususnya di wilayah hukum Polres Lombok Barat.

“Kegiatan operasi ini dilakukan stasioner dengan giat berupa pemberian himbauan, pembagian brosur dan leaflet tertib berlalu lintas serta memberikan teguran kepada pengguna kendaraan bermotor baik R2 maupun R4 yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas,” jelas Agus.

Adapun hasil dalam kegiatan operasi tersebut sebanyak 52 pengendara diberikan teguran. Operasi Patuh Rinjani 2023 akan berakhir pada tanggal 23 Juli 2023.