Berita

Polsek Lembar Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Kecamatan Lembar

21
×

Polsek Lembar Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Kecamatan Lembar

Sebarkan artikel ini
Polsek Lembar Amankan Tradisi Adat Nyongkolan di Kecamatan Lembar

Lembar, Lombok Barat – Polsek Lembar amankan dan monitor kegiatan tradisi adat Nyongkolan di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu (23/7/2023) dengan aman dan lancar. Kapolsek Lembar, Iptu I Ketut Suriarta, S.H., M.I.Kom., beserta tim turut mendukung kegiatan ini.

“Kami amankan dan monitor kegiatan tradisi adat Nyongkolan di beberapa titik lokasi di Kecamatan Lembar. Salah satunya dari Desa Labuliye, Kabupaten Loteng menuju Dusun Teluk Sepang, Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Lembar. Kegiatan ini dengan peserta kurang lebih 100 orang peserta,” kata Kapolsek Lembar.

“Juga terlaksana di Dusun Nyiur Lembang, Desa Jembatan Gantung, Kecamatan Lembar. Kegiatan ini juga kurang lebih 100 orang peserta mengikutinya dari sekitaran wilayah tersebut,” tambahnya.

Tradisi adat Nyongkolan adalah arak-arakan peserta menuju rumah mempelai perempuan. Mereka mendapat iringan alat musik tradisional seperti gendang Beleq dan kecimol.

Personel SPK II Polsek Lembar, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa setempat turut berpartisipasi dalam pengamanan dan monitoring kegiatan ini. Mereka bersinergi dan bekerja sama dengan baik dengan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kelancaran acara.

Pukul 18.00 WITA, kegiatan tradisi adat Nyongkolan berakhir tanpa insiden. Kapolsek Lembar apresiasi partisipasi masyarakat dalam melestarikan tradisi adat ini. Dia juga ucap terima kasih atas kerjasama dan dukungan seluruh pihak dalam pengamanan dan monitoring kegiatan ini.

Melalui kegiatan ini, Polsek Lembar tunjukkan komitmen dan dedikasi mereka dalam beri perlindungan dan pelayanan optimal bagi masyarakat. Kegiatan ini juga tunjukkan rasa hormat dan pelestarian warisan budaya adat di wilayah hukum mereka.