Berita

Pasca Kebakaran di Kapuk Muara, Ini yang Dilakukan Polri & TNI

16
×

Pasca Kebakaran di Kapuk Muara, Ini yang Dilakukan Polri & TNI

Sebarkan artikel ini

 

JAKARTA – Kabid Humas Polda Metro Jakarta Kombes Pol Trunoyudho turut meninjau lokasi pengungsian dan penempatan dapur umum Polri di Balai Kelurahan, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (31/7/2023).

Di lokasi tersebut, Truno bersama Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan dan Dandim 0502/JU Letkol Kav. Topan Tri Anggoro mendiskusikan rencana pelayanan bersama (Polri-TNI) pasca kebakaran di pemukiman padat penduduk, Kapuk Muara, Penjaringan, yang terjadi pada Minggu (30/7/2023) kemarin.

“Saat ini bersama dengan Kapolres Metro Jakarta Utara dan Dandim 0502 dan Kelurahann Kapuk Muara, kita ketahui bencana kebakaran ini jadi perhatian kita bersama. Maka Polda Metro Jaya berkolaboratif bersama TNI dan pemerintah setempat kita melakukan langkah-langkah pasca kebakaran,” kata Trunoyudho.

Langkah pertama adalah pendataan jumlah korban pengungsi yang ditempati oleh warga korban kebakaran.

“Perlu kami laporkan, 3 unit tenda pengungsian ada 1.139 warga dan di balai kelurahan Kapuk Muara ada 60 jiwa,” ucapnya.

Kemudian, langkah-langkah penempatan bakti kesehatan lapangan baik dari TNI, Dokkes Polda Metro Jaya, dan Dokkes Polres Metro Jakarta Utara.

“Bersama TNI, Polda Metro Jaya termasuk Polres Metro Jakarta Utara melakukan pengecekan kesehatan bagi warga yang mengungsi,” tuturnya.

“Bagi anak-anak kita di sini (pengungsian) akan diberikan juga trauma healing, pemberian makanan tambahan bayi, susu, pampers, dan selimut,” lanjutnya.

Kemudian, pasca pendinginan nantinya akan dilakukan pembersihan di lokasi yang terdampak kebakaran.

“Usai pendinginan oleh pemadam kebakaran, anggota dari Polda Metro, TNI termasuk Polres Metro Jakarta Utara akan melakukan membersihkan sampah di lokasi kebakaran,” pungkas Trunoyudho.

Diketahui, sebanyak 400 rumah terdampak akibat kebakaran di permukiman penduduk di Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut). Sebanyak 1.000 orang dari 200 KK (kepala keluarga) dilaporkan mengungsi imbas kebakaran tersebut.

Lokasi pengungsian tersebar di beberapa lokasi, seperti di tanah lapang Muara dekat lokasi kebakaran dan di Kantor Kelurahan Kapuk Muara.