Patroli

Patroli di Kantor KPU hingga Pelabuhan Gilimas, Sat Samapta Polres Lombok Barat Siapkan Pemilu 2024

29
×

Patroli di Kantor KPU hingga Pelabuhan Gilimas, Sat Samapta Polres Lombok Barat Siapkan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Sat Samapta Polres Lombok Barat Amankan Pertemuan ASEAN dan Patroli di Lokasi Rawan

Lombok Barat, NTB – Sat Samapta Polres Lombok Barat menjaga ketertiban dan keamanan di wilayahnya dengan berbagai cara preventif, Senin (31/7/2023). Mereka melakukan penjagaan dan patroli di sejumlah lokasi strategis dan rawan gangguan kamtibmas.

Salah satu lokasi yang mereka amankan adalah Hotel Katamaran, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat. Di sana, berlangsung Pertemuan High Level Task Force On ASEAN Economic Integration (HLTFEI) ke-44.

“Kami mengawal pertemuan ini agar berjalan lancar dan aman,” kata Kasat Samapta Polres Lombok Barat, AKP Sony Hartono, Selasa (1/8/2023).

Selain itu, mereka juga mengamankan Pelabuhan Gilimas Lembar. Pelabuhan ini merupakan pintu masuk dan keluar bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

“Kami memastikan situasi pelabuhan tetap kondusif dan tidak ada hal-hal yang mengganggu,” ujar Sony.

Patroli di Kantor KPU, Antisipasi Gangguan Kamtibmas Menjelang Pemilu 2024

Tak hanya itu, mereka juga berpatroli di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Barat. Patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas terkait persiapan tahapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Lombok Barat.

“Kami siap mendukung KPU dalam melaksanakan pemilu yang demokratis dan tentunya yang aman dan damai,” tutur Sony.

Patroli imbangan dalam Operasi Jaran 2023 juga menjadi salah satu kegiatan Sat Samapta Polres Lombok Barat. Mereka menyisir perumahan padat penduduk, yaitu perumahan Graha Pandita Bajur, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat.

Antisipasi Curat, Curas dan Curanmor

Patroli ini adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan seperti pencurian dengan pemberatan (curat). Kemudian pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah tersebut.

Selanjutnya, mereka juga berpatroli di jalur Baypass BIL, Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Jalur ini merupakan akses utama bagi masyarakat yang menuju Bandara Internasional Lombok (BIL).

“Kami mengawasi jalur ini agar tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu mobilitas masyarakat, termasuk juga antisipasi dari aksi kejahatan,” papar Sony.

Sony menambahkan, semua kegiatan patroli dan pengamanan berjalan dengan lancar dan situasi tetap terkendali. Ia berharap, dengan kegiatan ini, masyarakat dapat merasa nyaman dan aman di wilayah hukum Polres Lombok Barat.