Berita

Hoax dan Money Politic Jadi Sorotan di Sosialisasi Polres Lombok Barat

4
×

Hoax dan Money Politic Jadi Sorotan di Sosialisasi Polres Lombok Barat

Sebarkan artikel ini
Polres Lombok Barat Gelar Sosialisasi Anti Hoax dan Money Politic

Lombok Barat, NTB – Satuan Tugas Preemtif Polres Lombok BaratPolda NTB, menggelar sosialisasi anti hoax dan money politic kepada masyarakat, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan tersebut bertempat di UPT Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kuripan dan Karang Taruna Desa KuripanKecamatan Kuripan.

Kasat Binmas Polres Lombok Barat, AKP Daniel Ibi Lona, S.Sos., mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Agar tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax dan tidak ikut terlibat dalam pelanggaran politik seperti money politic.

“Hoax dan money politic merupakan ancaman serius terhadap demokrasi. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui dan memahami bahayanya,” ujar AKP Daniel.

Dalam sosialisasi tersebut, AKP Daniel menyampaikan sejumlah tips untuk menghindari berita hoax. Antara lain cek kebenaran informasi dari sumber yang terpercaya, seperti media massa yang kredibel. Jangan mudah percaya dengan informasi yang belum jelas sumbernya.

Perhatikan penulisan dan tata bahasa dalam sebuah informasi, serta pertimbangkan motivasi pembuat informasi.

Selain itu, AKP Daniel juga mengimbau masyarakat untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilu 2024.

“Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas agar tetap kondusif menjelang Pemilu 2024,” imbaunya.

Pada kesempatan tersebut, AKP Daniel juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga Kamtibmas demi suksesnya Pemilu 2024.

Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat sambutan yang baik oleh masyarakat. Mereka mengaku mendapatkan informasi yang bermanfaat dari sosialisasi tersebut.

“Terima kasih kepada Polres Lombok Barat yang telah menggelar sosialisasi ini. Kami jadi lebih tahu bahaya hoax dan money politic,” ujar salah seorang peserta sosialisasi.