Berita

Polsek Pringgabaya Galang Kesadaran Pelajar untuk Cegah Bullying

4
×

Polsek Pringgabaya Galang Kesadaran Pelajar untuk Cegah Bullying

Sebarkan artikel ini

Lombok Timur – Personel Polsek Pringgabaya melaksanakan kegiatan sosialisasi anti bullying di SMKN 1 Pringgabaya sebagai upaya mencegah dan memberantas perilaku bullying di kalangan pelajar, Jumat (2/2/24) pukul 07.30 Wita. Kegiatan ini diadakan di halaman apel sekolah dan dipimpin oleh Ipda Ahmad Ripai, Panit 1 Binmas Polsek Pringgabaya, yang ditemani oleh kepala sekolah dan seluruh guru SMKN 1 Pringgabaya.

Dalam kegiatan tersebut, Panit Binmas memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa-siswi mengenai bullying, termasuk jenis-jenisnya. Para pelajar didorong untuk menolak dan menghindari perilaku pembulian terhadap teman-teman mereka, menyadari bahwa perilaku ini tidak hanya dilarang, tetapi juga dapat melanggar hukum.

Pemahaman yang diberikan diharapkan mampu membantu para pelajar memahami betapa pentingnya mencegah dan menghindari perilaku bullying, yang dapat merugikan tidak hanya korban, tetapi juga melanggar hukum yang berlaku di negara kita.

Panit Binmas juga memberikan imbauan kepada para guru untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap anak didiknya. Langkah ini diharapkan dapat mencegah tindakan bullying di lingkungan sekolah, meminimalisir dampak negatif terhadap semangat belajar dan kehadiran para siswa di sekolah.

Dorongan lebih lanjut kepada para guru untuk mendekati anak-anak yang menjadi korban bullying. Melalui pendekatan ini, diharapkan para siswa lebih berani untuk berbicara terbuka kepada guru tentang masalah yang mereka hadapi, sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan sejak dini.

“Jangan takut melaporkan tindakan bullying. Hal ini penting agar tindakan teguran atau sanksi dapat diberikan kepada pelaku bullying, sehingga lingkungan sekolah menjadi aman dan nyaman,” ujar Panit Binmas.

Lebih lanjut, ia menegaskan tugas utama sebagai pelajar adalah belajar. Para siswa diingatkan untuk tidak melakukan tindakan yang dapat merusak masa depan, seperti bullying, mengkonsumsi narkoba, minum-minuman beralkohol, dan perilaku negatif lainnya. Belajar rajin, berdoa, serta menghormati orang tua dan guru dianggap sebagai langkah positif menuju kesuksesan.

Dengan kegiatan sosialisasi ini, Polsek Pringgabaya berharap dapat menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan bebas dari tindakan bullying. Semua pihak diharapkan dapat berperan aktif dalam mencegah dan menanggulangi perilaku bullying di kalangan pelajar.