Berita

atroli Dialogis Polsek Sekotong: Edukasi Politik dan Pencegahan Gangguan Kamtibmas

2
×

atroli Dialogis Polsek Sekotong: Edukasi Politik dan Pencegahan Gangguan Kamtibmas

Sebarkan artikel ini
Warga Sekotong Dukung Patroli Dialogis untuk Pemilu Aman dan Kondusif

Lombok Barat, NTB – Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) jelang Pemilu 2024, Polsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar patroli dialogis di Dusun Sayong Segerning, Desa Cendi Manik, Kecamatan Sekotong, pada hari Jumat (9/2/2024) pukul 10.42 WITA.

Kegiatan patroli dialogis ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., bersama personel yang tergabung dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Kapolsek Sekotong mengatakan, patroli dialogis ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas terkait dengan tahapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 di wilayah Kecamatan Sekotong.

“Patroli dialogis ini menjadi salah satu upaya konkret kepolisian dalam menjaga situasi keamanan selama masa kampanye pemilu 2024,” kata Iptu Ketut Suriarta.

“Kami ingin melibatkan masyarakat secara aktif dan memberikan pemahaman terkait norma-norma keamanan dan tata tertib selama proses kampanye,” imbuhnya.

Dalam kegiatan patroli dialogis tersebut, personel Polsek Sekotong menyampaikan beberapa imbauan kepada masyarakat, antara lain:

  • Menjaga kondusifitas dan keamanan lingkungan selama masa kampanye
  • Tidak menyebarkan berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian
  • Melaksanakan politik dengan damai dan santun
  • Menghormati perbedaan pilihan politik
  • Segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika melihat atau mengetahui adanya potensi gangguan Kamtibmas

Kapolsek Sekotong berharap dengan patroli dialogis ini, masyarakat semakin memahami pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu berlangsung.

“Partisipasi aktif masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman sangatlah penting. Kami berharap seluruh lapisan masyarakat dapat berperan serta dengan penuh tanggung jawab dalam menjaga suasana yang kondusif, sehingga pemilu berlangsung dengan damai dan demokratis,” pungkasnya.

Kegiatan patroli dialogis ini mendapat respon positif dari masyarakat. Salah seorang warga Dusun Sayong Segerning, bernama mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

“Kami sangat senang dengan adanya patroli dialogis ini. Dengan kegiatan ini, kami jadi lebih paham tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama masa pemilu,” katanya.

“Kami juga siap membantu pihak kepolisian dalam menjaga kondusifitas wilayah kami,” imbuhnya.

Patroli dialogis ini merupakan salah satu bentuk komitmen Polri dalam menjaga Kamtibmas dan menciptakan suasana yang kondusif selama penyelenggaraan Pemilu 2024.