Berita

Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024: Tim Puma Ditingkatkan, Pengaturan Lalu Lintas Diperkuat

2
×

Polres Lombok Barat Siap Amankan Pemilu 2024: Tim Puma Ditingkatkan, Pengaturan Lalu Lintas Diperkuat

Sebarkan artikel ini
Jumat Curhat di Lombok Barat Membangun Sinergi antara Polri dan Masyarakat untuk Pemilu 2024 yang Aman

Lombok Barat, NTB – Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede J., S.H., S.I.K., M.A.P., bersama timnya mengadakan kegiatan Jumat Curhat di Agro Wisata Desa Labuapi, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (9/2/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan mendengarkan langsung keluh kesah mereka. Termasuk dalam menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Kapolres dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

“Agar masyarakat tetap bersatu, tidak mudah terprovokasi, dan tidak terpecah belah meskipun berbeda pilihan politik,” ungkapnya.

Berikut beberapa masukan dan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat:

Kelangkaan Pupuk

Masyarakat mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi dan non-subsidi. Mekanisme pendistribusian pupuk dirasa rumit dan dibatasi.

Penyelesaian Laka Lantas

Masyarakat mempertanyakan kelanjutan kasus laka lantas yang diselesaikan secara kekeluargaan. Mereka ingin tahu apakah kasus tersebut tetap berlanjut ke proses hukum meskipun sudah ada perdamaian.

Penambahan Tim Puma

Masyarakat meminta penambahan personel Tim Puma untuk mempercepat respons terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Pengaturan Lalu Lintas di Jam Rawan Masuk dan Pulang Sekolah

Masyarakat meminta agar polisi lebih aktif mengatur lalu lintas di jam rawan masuk dan pulang sekolah untuk meningkatkan keselamatan anak-anak.

Permasalahan Sampah

Masyarakat mengeluhkan penumpukan sampah yang terjadi di beberapa wilayah. Mereka meminta solusi untuk mengatasi permasalahan ini.

Perkembangan Komplek Perumahan/BTN

Masyarakat khawatir dengan semakin banyaknya pembangunan BTN yang akan berakibat pada hilangnya lahan pertanian. Mereka meminta penjelasan tentang perijinan pembangunan BTN.

Tanggapan dan Rencana Tindak Lanjut dari Polres Lombok Barat:

Kelangkaan Pupuk

Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya sedang mendalami penyebab kelangkaan pupuk dan akan menindak tegas oknum pengusaha yang melakukan penimbunan.

Penyelesaian Laka Lantas

Kapolres menjelaskan bahwa tidak semua kasus laka lantas menyelesaikannya secara kekeluargaan. Kasus yang melibatkan korban parah dan meninggal dunia tetap akan berlanjut ke proses hukum meskipun sudah ada perdamaian.

Penambahan Tim Puma

Kapolres akan mengkaji usulan penambahan personel Tim Puma dengan mempertimbangkan keterbatasan personel Polres.

Pengaturan Lalu Lintas di Jam Rawan Masuk dan Pulang Sekolah

Kapolres memerintahkan Kapolsek Labuapi untuk melanjutkan program pengaturan lalu lintas di jam rawan masuk dan pulang sekolah.

Permasalahan Sampah

Kapolres menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan meminta Pemdes untuk menganggarkan dana untuk mengatasi permasalahan sampah.

Perkembangan Komplek Perumahan/BTN

Kapolres menjelaskan bahwa, terkait perijinan pembangunan BTN bukan ranah Polres, melainkan ranah Pemda.

Kegiatan Jumat Curhat ini berakhir dengan pemberian tali asi berupa cangkul dan gunting stek kepada masyarakat.

Kegiatan Jumat Curhat ini merupakan salah satu upaya Polres Lombok Barat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan membangun hubungan yang lebih baik dengan masyarakat.