BeritaBinkamPeristiwa

Mobil Patroli Polsek Lembar Nyaris Tertimpa Pohon, Pantau Dampak Cuaca Ekstrem

46
×

Mobil Patroli Polsek Lembar Nyaris Tertimpa Pohon, Pantau Dampak Cuaca Ekstrem

Sebarkan artikel ini
Pantau Dampak Cuaca Ekstrem, Mobil Patroli Polsek Lembar Nyaris Tertimpa Pohon

Lombok Barat, NTB – Saat melakukan pemantauan dampak cuaca ekstrem di Wilayahnya, Mobil Patroli Polsek Lembar nyaris tertimpa pohon.

Peristiwa ini terjadi saat kegiatan patroli Polsek Lembar. Merespon hujan deras yang terjadi sepanjang malam, Minggu (26/2/2023) sekitar pukul 23.45 wita.

Untuk itu, Kapolsek Lembar Iptu I Ketut Suriarta, SH. M.I.Kom mengimbau kepada Masyarakat untuk lebih mewaspadai dampak cuaca ekstrem tersebut.

“Kami imbau kepada Masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati, dan mengurangi aktifitas bila tidak ada keperluan mendesak saat cuaca ekstrem terjadi,” ungkapnya.

Pantau Dampak Cuaca Ekstrem, Mobil Patroli Polsek Lembar Nyaris Tertimpa PohonBagian Dari Tugas Kepolisian dalam Peringatan Dini

Terkait dengan mobil dinas patroli Polsek Lembar yang nyaris tertimpa pohon, Iptu Suriarta menegaskan bahwa itu memang sudah bagian dari resiko tugas dan tanggung jawabnya.

“Peristiwa ini terjadi saat pelaksanaan patroli antisipasi pohon tumbang dan Tanah Longsor di Wilayah Hukum Polsek Lembar. Sekaligus melakukan imbauan dan mengingatkan Masyarakat untuk meminimalisir korban bencana dari Masyarakat,” katanya.

Kapolsek menjelaskan bahwa, memang saat itu tengah terjadi hujan lebat dan angin kencang di Wilayah Kecamatan Lembar dan sekitarnya.

“Sehingga saat itu juga melakukan pemantauan pohon tumbang dan Tanah Longsor, sebagai upaya peringatan dini kepada Masyarakat. Namun, saat pelaksanaan patroli tiba-tiba pohon yang berada di perbukitan sebelah kiri jalan tumbang, beserta tanah longsor menyertainya,” jelasnya.

Beruntung personelnya dengan sigap menghindar untuk meminimalisir korban dalam peristiwa yang terjadi di Perbukitan di Jalan Raya Jalur bawah Lembar – Sekotong tersebut. Tepatnya di Dusun Teluk Waru Desa Labuhan Treng, Kecamatan Lembar. Namun kendaraan Patroli Lembar tertimpa ranting dan dedaunan pohon tumbang tersebut.

“Saat itu juga, langsung melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang itu, juga mendapat bantuan dari personel Polres Lombok Barat. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam perisitiwa tersebut,” katanya.

Tidak Menurunkan Intensitas Patroli Polsek Lembar

Tetapi mobil dinas patroli Polsek lembar tidak luput dari kerusakan penyok pada bemper bagian depan sebelah kiri.

Kapolsek Lembar menjelaskan mengenai resiko yang membahayakan petugas Kepolisian dalam melakukan peringatan dini dampak cuaca ektrem tersebut. Bahwa sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kepolisian, dalam menjaga keselamatan masyarakat.

“Justru dengan terjadinya cuaca ektrem tersebut, kami lebih intensif menginventarisir, lokasi-lokasi mana yang rawan bencana pohon tumbang dan tanah longsor,” tegasnya.