Berita

Polsek Sekotong Mengintensifkan Kegiatan Patroli dan Bantu Warga, Pasca Musibah Banjir

38
×

Polsek Sekotong Mengintensifkan Kegiatan Patroli dan Bantu Warga, Pasca Musibah Banjir

Sebarkan artikel ini
Pasca Musibah Banjir, Polsek Sekotong Mengintensifkan Kegiatan Patroli dan Bantu Warga

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong mengintensifkan kegiatan Patroli dan pemantauan pasca musibah Banjir, akibat curah hujan yang cukup tinggi, Minggu (26/2/2023).

Kegiatan patrol kali ini bertempat di dusun Belongas desa Persiapan Belongas kecamatan Sekotong kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan kegiatan patroli ini guna menginventarisir sekaligus membantu warga apabila ada yang terdampak.

“Dari hasil pemantauan di beberapa lokasi ada yang terendam air, dari ketinggian 20 Cm hingga 30 Cm, atau setinggi lutut orang Dewasa,” ungkapnya.

Sasaran dan Lokasi Pemantauan

Adapun sasaran dan lokasi kegiatan patroli berkoordiansi dengan Tokoh masyarakat dusun Belongas desa Persiapan Belongas. Kemudian menyambangi Jembatan dusun Belongas desa Persiapan Belongas, serta Rumah warga yang terdampak banjir.

“Memantau dampak Pasca banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi. Dalam kegiatan itu personil Polsek Sekotong melaksanakan kegiatan koordinasi dengan Tokoh masyarakat Dusun Belongas,” ucapnya.

Koordinasi terkait dampak dari musibah banjir yang terjadi, dan hasil koordinasi bahwa Pemukiman warga yang tergenang air.

“Dengan ketinggian air pada saat terjadinya banjir sekitar 20 – 30 Cm, atau setinggi lutut orang dewasa. Ada yang airnya hanya sampai di halaman rumah, ada juga yang sampai masuk ke dalam rumah. Hasil koordinasi juga dengan Kepala dusun Belongas jumlah yang terdampak sekitar 200 KK,” jelasnya.

Polsek Sekotong bantu Bersihkan Sisa-sisa Banjir

Kemudian melaksanakan peninjauan di rumah warga yang terdampak banjir yang saat itu masyarakat sedang membersihkan rumahnya dari sisa sisa genangan air.

“Personil Polsek Sekotong turut serta membantu masyarakat untuk memindahkan barang barang yang dapat diselamatkan jika banjir susulan terjadi,” imbuhnya.

Selanjutnya melaksanakan peninjauan di Jembatan dusun Belongas yang juga terdampak banjir dan kini kondisinya hampir terputus akibat terjangan air.

“Jembatan tersebut merupakan penghubung antara dusun Belongas dengan dusun lainnya yakni dusun Tangin angin,” lanjutnya.

Saat itu juga personel Polsek Sekotong membantu masyarakat membersihkan sisa-sisa sampah yang terbawa ke atas akibat terbawa air.

“Agar air sungai tidak mampet dan berjalan seperti biasa,” imbuhnya.

Untuk saat ini situasi pasca musibah banjir di dusun Belongas desa Persiapan Belongas masih terpantau aman dan kondusif dan air sudah surut.