Berita

Polres Lotim Bersama Bersama Instansi Terkait Berhasil Amankan Pilkades Serentak Tahun 2023

38
×

Polres Lotim Bersama Bersama Instansi Terkait Berhasil Amankan Pilkades Serentak Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

Lombok Timur – Sejak Rabu pagi (15/3), situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 53 desa di Kabupaten Lombok Timur, masih terkendali.

Forkompimda Lombok Timur, Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur Drs. HM. Juaini Taofik, M.Ap didampingi Kapolres Lotim AKBP Herry Indra Cahyono, S.I.K, M.H dan Dandim 1615 Lotim, Letkol. Amin M. Said, SH terus memantau kondisi di 53 desa yang tengah menggelar Pilkades.

Dalam keterangan pers, Sekda Lotim HM Juaini Taofik menegaskan bahwa Pilkades serentak di 53 desa tersebar di 550 TPS dengan 209.074 pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sesuai mekanisme yang diatur dalam regulasi, papar Juaini Taofik, tahapan Pilkades terdiri dari 4 tahap. Persiapan, pemungutan suara dan penetapan hasil Pilkades hingga pelantikan Kepala Desa terpilih.

Selaku Ketua panitia pemilihan Pilkades tingkat Kabupaten Lotim, Juaini Taofik mengapresiasi kepada seluruh masyarakat yang sejak awal mendukung terlaksananya Pilkades serta pihak-pihak yang terlibat dalam demokrasi ditingkat desa itu.

“Panitia pemilihan tingkat desa memiliki kewenangan yang memproses penyelengaraan ditingkat desa. Kami panitia ditingkat kabupaten hanya memfasilitasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan hingga berjalan sesuai dengan regulasi yang ada,” jelas Sekda Lotim.

Selain apresiasi kepada masyarakat, Sekda Lotim juga mengapresiasi kesigapan aparat keamanan yang telah membantu pelaksanaan Pilkades hingga situasi terlihat aman dan kondusif.

Dia berharap panitia pemilihan ditingkat desa secara paripurna dapat diselesaikan pada hari ini juga tanpa terjadinya gangguan.

Didampingi Kapolres Lotim AKBP Heri Indra Cahyono dan Dandim 1615 Lotim, Amin M. Said, SH, Sekda Lotim HM Juaini Taofik mengingatkan agar para pendukung calon yang memiliki suara terbanyak untuk tidak melakukan konvoi yang bisa mengganggu Kamtibmas masyarakat lainnya.

Kapolres Lotim memlalui P.S, Kasi Humas IPTU NIkolas Osman mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh Personel Polres Lotim dan Polsek jajaran serta Instansi terkait yang telah melaksanakan tugas dengan baik, semoga Gumi Patuh Karya ini tetap Kondusif.pungkasnya.