BeritaBinkam

Pengamanan Melasti di Kecamatan Sekotong, Polsek Sekotong Sebar Personel di Tiga Lokasi

46
×

Pengamanan Melasti di Kecamatan Sekotong, Polsek Sekotong Sebar Personel di Tiga Lokasi

Sebarkan artikel ini
Pengamanan Melasti di Kecamatan Sekotong

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong melaksanakan pengamanan Melasti atau Masaran, dalam rangkaian upacara Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945 di wilayah kecamatan sekotong, Minggu (19/3/2023).

Kapolsek Sekotong, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu I ketut Sumerta, SH mengatakan kegiatan pengamanan pada tiga lokasi.

“Antara lain Pantai Gelundung, Dusun Labuan Poh Desa Batu Putih, Pura Segara dusun Permula desa Pelangan. Serta Pura Segara dusun Batu Leong Desa Sekotong Barat,” ungkapnya.

Adapun rangkaian upacara keagamaan umat Hindu meliputi ritual pembersihan depan pintu masuk Segara. Selanjutnya pensthanaan di linggih (tempat) yang sudah tersedia, Pembacaan doa-doa oleh Pandita,  Persembahyangan bersama, dan diakhiri dengan menghaturkan banten Prani.

Sedangkan kegiatan persembayangan melasti terbagi tiga Desa, antara lain Desa Batu putih di ikuti oleh kurang lebih 200 orang umat Hindu. Berasal dari dusun nusa sari desa batu putih  Kecamatan sekotong. Kemudian melanjutkan dengan persebahyangan bersama di pantai Gelundung, dusun Labuan poh desa Batu Putih  Kecamatan sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Pada lokasi lainnya yakni di Desa Pelangan, Kegiatan persembahyangan Upacara Melasti Masaran di ikuti oleh kurang lebih 800 orang umat Hindu.

Berasal dari delapan banjar desa  pelangan Kecamatan sekotong kemudian melanjutkannya dengan persebahyangan Bersama. Bertempat di pura segara dusun permule desa pelangan  Kecamatan sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Lalu, di Desa Sekotong Barat , Kegiatan persembahyangan di ikuti oleh kurang lebih 200 orang umat Hindu yang mana berasal dari sembilan  banjar. Dari  Desa  Sekotong Barat dan Desa Kedaro Kecamatan Sekotong. Kemudian di lanjutkan dengan persebahyangan bersama di pura segara dusun batu leong desa sekotong barat  Kecamatan sekotong Kabupaten Lombok Barat.

“Kegiatan Pengamanan terhadap  masyarakat umat Hindhu yang melaksanakan upacara Melasti Selesai, dan semuanya berjalan denga naman dan lancar,” tandasnya