Berita

Kapolres Lombok Timur Pimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2023

36
×

Kapolres Lombok Timur Pimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2023

Sebarkan artikel ini

Lombok Timur – Kapolres Lotim AKBP Hery Indra Cahyono, S.H,S.I.K, M.H, pimpin apel gelar pasukan Operasi ketupat Gatarin 2023 bertempat di lapangan apel Polres Lotim, Senin (17/04/23), pukul 08.00 wita.

Kapolres Lotim, AKBP Hery Indra Cahyono, S.I.K., dalam amanat kapolri yang disampaikan mengatakan, secara nasional sebanyak 148.261 personel gabungan yang diterjunkam dalam operasi ketupat ini. Sedangkan khusus wilayah hukum Polres Lotim sendiri, personel gabungan yang diterjunkan dalam operasi ketupat rinjani ini, bukan saja berasal dari Polri, melainkan pula melibatkan unsur pendukung lainnya mulai dari TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), tim Sar, Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP), dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

“Apel gelar pasukan ini bentuk nyata pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi. Selain itu, wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait,”katanya.

Selama operasi sebutnya, terdapat tiga Pos Pengamanan dan satu pos pelayanan terpadu yang dibangun. Tiga titik pos pengamanan berada di Kecamatan Terara samping SPBU, simpang empat Masbagik dan simpang empat Taman Rinjani Selong. Sedangkan satu pos pelayanan terpadu di Pelabuhan Kayangan.

Untuk menjaga Kamtibmas, nantinya terdapat personel dimasing-masing wikayah pos pengamanan melakukan patroli mobile. Pemetaan titik rawan sudah dilakukan. Demikian juga spot rawan Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) juga telah dilakukan.

“Terkait aktivitas masyarakat dilokasi wisata, lakukan patroli jalan kaki, rekayasa lantas jalur keluar masuk tempat wisata,”terangnya.

Lebih jauh disebutkan, kerja keras bersama pada pengamanan mudik lebaran tahun lalu, mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal itu berdasarkan survei indikator periode Mei 2022, dimana terdapat 73,8 persen masyarakat, merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022.

Sementara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, potensi pergerakan masyarakat dalam arus mudik ini akan mengalami peningkatan. Tahun 2022 sekitar 85,5 juta orang, sedangkan tahun ini diperkirakan menjadi 123,8 juta orang atau mengalami peningkatan sebesar 44,8 persen.

“Berbagai langkah dalam operasi ketupat 2023 ini, diharapkan mampu berjalan dengan baik sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya idul fitri 1444 hijriyah,”pungkasnya.

Kapolres Lotim melalui P.S, Kasi Humas IPTU Nikolas Osman menerangkan; Dalam operasi ini, Polres Lombok Timur menerjunkan 141 personil ditambah 62 orang dari unsur TNI, Dishub, PolPP, SAR dan ASDP, Selain itu Polres Lotim juga dibantu oleh Saka Bhayangkara.pungkas Osman.