Berita

Jajaran Polres Lotim Bersama Personel TNI Kodim 1615 Lotim Lakukan Penanaman Mangrove Serentak Yang Dipimpin Oleh Presiden RI

35
×

Jajaran Polres Lotim Bersama Personel TNI Kodim 1615 Lotim Lakukan Penanaman Mangrove Serentak Yang Dipimpin Oleh Presiden RI

Sebarkan artikel ini

Lombok Timur – Kapolres Lotim hadiri kegiatan puncak penanaman Mangruve Nasional Serentak yang dilaksanakan oleh Presiden RI dengan tema Mangruve For Better Life.Senin (15/05/23), pukul 17.00 wita.

Selain Kapolres Lotim turut hadir, Dandim 1615 Lotim Letkol Inf Amin M. Said, S.H., Kasdim 1615 Lotim Mayor Inf Lalu. M. Syukur S.Ag,Pejabat Utama Polres Lotim, Para Danramil Dim 1615, Forkopimcam Kecamatan Jerowaru, Personel Brimob, Personel Pol Airud, Polisi Pamong Praja, dan para tamu undangan lainnya.

Tujuan dilaksanakannya penanaman pohon mangrove serentak tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam pelestarian dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau, serta mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Ekosistem mangrove sangat penting di kawasan pesisir, Karena dapat mencegah abrasi dan erosi, serta dapat mengurangi pemanasan global sekaligus menjaga kualitas air dan udara yang bersih. Keberadaan lahan mangrove juga memegang peranan dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dengan kemampuan menyimpan karbon 3-5 kali lebih banyak dari pohon tropis.

Kapolsek Jerowaru Ipda Yuda yang menghadiri kegiatan tersebut menerangkan; Pukul 17.15 Wita kegiatan dimulai dengan menyaksikan Vicon puncak penanaman pohon Mangrove Nasional Secara serentak jajaran TNI di seluruh Indonesia oleh Presiden RI dengan tema Mangrove For Better Life Mangrove menuju kehidupan yang lebih baik dengan 370 titik di 32 Provinsi dengan sejuta seratus pohon Mangrove.
Adapun penyampaian Presiden RI melalui Via Vicon kepada seluruh jajaran TNI dan para tamu undangan yang hadir melalui Vicon mengatakan; Hutan Mangrove Indonesia seluas 3,3 juta Ha dan terluas di dunia sehingga harus dirawat dengan baik pelaksanaan penanaman pohon Mangrove di laksanakan secara serentak di seluruh tanah air di beberapa titik lokasi.
Manfaat dari Mangrove yaitu untuk mengembalikan habitat alam Indonesia setelah di tanam harus di rawat dan di pelihara.

Tujuan dari dilaksanakan penanaman pohon Mangrove untuk melindungi pesisir wilayah dari kemungkinan perubahan iklim untuk mengantisipasi terjadinya gelombang sebagai proteksi alam yang dibutuhkan.

Pohon Mangrove serentak secara simbolis di pimpin langsung oleh Presiden RI yang di ikuti oleh seluruh jajaran di seluruh Indonesia salah satunya di pantai ekas Kabupaten Lombok timur bersama Dandim 1651/Lotim, Kapolres Lotim bersama perwira jajaran dan anggota.

Kegiatan penanaman Pohon Mangrove di Kabupaten Lombok Timur dipusatkan di Pantai Ekas Buana Desa Ekas Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.