BeritaBinkamSosial Budaya

Pengaturan Arus Lalu Lintas Sukses, Tradisi Adat Nyongkolan di Gerung Berjalan Lancar

34
×

Pengaturan Arus Lalu Lintas Sukses, Tradisi Adat Nyongkolan di Gerung Berjalan Lancar

Sebarkan artikel ini
Nyongkolan di Gerung Polsek Gerung Sukses Amankan Kegiatan Tradisi Adat dengan Aman dan Lancar

Lombok Barat, NTB – Polsek Gerung melaksanakan pengamanan dan monitoring kegiatan Tradisi Adat Nyongkolan di Gerung, berjalan aman dan lancar, Minggu (21/5/2023).

Dalam kegiatan ini adalah untuk menjaga keamanan serta mengatur arus lalu lintas di sekitar Jalan Soekarno-Hatta, Desa Babussalam, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Gerung, AKP Agus Pujianto, S.Pd., MH., mengatakan tugas pengamanan meliputi pengaturan arus lalu lintas dan pengawalan.

“Tradisi Adat Nyongkolan tersebut melibatkan masyarakat dari Dusun Beremi Karang Dalam Barat, Desa Babussalam, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Serta masyarakat Dusun Gereneng Timur, Desa Tibu Jorong, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur,” ungkapnya.

Dalam upaya mencegah kemacetan yang mungkin terjadi akibat kegiatan Nyongkolan, anggota Polsek Gerung bertugas mengatur arus lalu lintas.

Agar warga yang menggunakan jalan raya lain dapat melintas dengan aman tanpa hambatan. Selain itu, pengamanan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang mungkin terjadi selama acara berlangsung.

“Kegiatan Nyongkolan dengan menggunakan jalan raya atau jalur umum. Rute Nyongkolan mulai dari gapura Ponpes Babussalam menuju rumah mempelai wanita, melewati jalan raya Soekarno-Hatta,” jelasnya.

Dengan estimasi peserta Nyongkolan mencapai sekitar 150 orang, yang mendapat iringan kesenian tradisional Gendang Belek.

Meskipun kegiatan tradisi adat Nyongkolan berlangsung dengan ramai, namun berkat upaya pengamanan dari Polsek Gerung, acara tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Tradisi adat ini berakhir pada pukul 18.00 WITA, dan tidak terjadi gangguan keamanan yang signifikan selama pelaksanaannya,” tandasnya.

Kapolsek Gerung, AKP Agus Pujianto, S.Pd., MH, menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, dalam menjaga dan melestarikan kegiatan tradisi adat, tetap memperhatikan aspek keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan berakhirnya Tradisi Adat Nyongkolan ini, Polsek Gerung tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang baik dan professional. Dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Gerung,” ungkasnya.