Berita

Polsek Labuapi Berkolaborasi dengan Babinsa dalam Mengamankan Tradisi Adat Nyongkolan di Desa Bagik Polak, Lombok Barat, NTB

20
×

Polsek Labuapi Berkolaborasi dengan Babinsa dalam Mengamankan Tradisi Adat Nyongkolan di Desa Bagik Polak, Lombok Barat, NTB

Sebarkan artikel ini
Polsek Labuapi Pastikan Keamanan dan Lancarnya Tradisi Adat Nyongkolan di Desa Bagik Polak

Lombok Barat, NTB – Untuk menjamin keamanan dan lancarnya tradisi adat nyongkolan, Polsek Labuapi menggelar personelnya, guna melakukan pengamanan, kamis (8/6/2023).

Kapolsek Labuapi, Iptu M. Baejuli, SH mengatakan dalam pengamanan juga meliputi pengaturan arus lalu lintas. Dalam giat Tradisi Adat Nyongkolan di Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat tersebut.

“Tradisi Adat Nyongkolan ini melibatkan warga dari Sakra, Lombok Timur. Melakukan perjalanan menuju Dusun Karang Bucu Barat, Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi,” ungkapnya.

Perjalanan memulainya dari Dusun Karang Kebon Barat dan melanjutkannya dengan berjalan kaki sekitar 1,5 kilometer melalui Jalan Desa.

Kegiatan ini mendapat iringan alat musik Gendang Beleq dengan estimasi peserta penyongkol sekitar 150 orang. Perjalanan berakhir di Dusun Karang Bucu Barat, Desa Bagik Polak, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat.

Berkat pengamanan dari personel Polsek Labuapi yang berkolaborasi dengan Babinsa setempat, tradisi adat Nyongkolan berjalan dengan aman dan lancar.

“Acara ini berakhir pada pukul 17.30 Wita tanpa adanya kendala yang signifikan,” tegasnya.

Kehadiran polisi dalam mengamankan dan mengatur arus lalu lintas pada kegiatan ini memberikan jaminan keamanan. Baik bagi peserta penyongkol serta masyarakat sekitar.

Dengan demikian, tradisi adat Nyongkolan dapat berlangsung dengan tertib dan mengedepankan keselamatan bagi semua pihak yang terlibat.

“Polsek Labuapi terus berkomitmen untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat dalam berbagai kegiatan tradisional maupun kegiatan sehari-hari,” imbuhnya.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara aparat kepolisian dan masyarakat, harapannya tercipta lingkungan yang harmonis dan aman di Kabupaten Lombok Barat.