Berita

Polsek Lembar dan Kolaborasi Bhabinkamtibmas-Babinsa: Menjamin Keamanan Nyongkolan di Desa Mareje Timur

36
×

Polsek Lembar dan Kolaborasi Bhabinkamtibmas-Babinsa: Menjamin Keamanan Nyongkolan di Desa Mareje Timur

Sebarkan artikel ini
Kolaborasi Bhabinkamtibmas dan Babinsa Polsek Lembar

Lombok barat, NTB – Polsek Lembar melaksanakan pengamanan dalam giat Nyongkolan di Dusun Pelah Lauk, Desa Mareje Timur, kolaborasi Bhabinkamtibmas dan babinsa setempat, Kamis (8/6/2023).

Dalam hal ini, Bhabinkamtibmas Desa Mareje Timur beserta Babinsa Mareje Timur turut melaksanakan tugas pengamanan.

Kapolsek Lembar, Iptu I Ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengatakan pegamanan meliputi pengawalan Nyongkolan dari Dusun Lintak Buwur, Desa Babussalam, Kecamatan Gerung.

Rombongan Nyongkolan ini mendapat iringan dari peserta dan penonton yang memadati jalan menuju Dusun Pelah Lauk, Desa Mareje Timur.

“Tujuan dari pengamanan ini adalah untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama berlangsungnya acara Nyongkolan,” ungkapnya.

Sehingga, untuk mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa berperan aktif dalam menjaga situasi agar tetap aman dan terkendali.

Dengan adanya kehadiran aparat kepolisian dan TNI, peserta dan penonton merasa lebih tenang dan merasa terlindungi.

Kapolsek Lembar, Iptu I Ketut Suriarta, menyampaikan apresiasi kepada Masyarakat, atas tertibnya pelaksaan nyongkolan ini.

“Secara umum, situasinya, walaupun terjadi peningkatan intesitas kegiatan masyarakat di jalan raya, tidak sampai menimbulkan kemacetan,” katanya.

Melalui pengamanan dengan sukses ini, acara Nyongkolan berjalan lancar dan aman. Peserta dan penonton dapat menikmati prosesi dengan tenang dan merasa terhibur oleh kesenian Gendang Beleq yang mengiringi acara tersebut.

“Harapannya pengamanan tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga mendorong pelestarian tradisi adat. Serta memperkuat hubungan yang harmonis antara aparat kepolisian, TNI, dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Giat Nyongkolan merupakan bagian penting dari warisan budaya yang perlu melestarikannya, dengan upaya pengamanan yang efektif menyertainya.

“Kami dari pihak kepolisian dan TNI berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan budaya, namun dengan tetap meminimalisir segala bentuk potensi gangguan Kamtibmas,” pungkasnya.