Berita

Polsek Gerung Jaga Kelancaran Tradisi Adat Nyongkolan dengan Pengamanan dan Pengaturan Arus Lalu Lintas

25
×

Polsek Gerung Jaga Kelancaran Tradisi Adat Nyongkolan dengan Pengamanan dan Pengaturan Arus Lalu Lintas

Sebarkan artikel ini
Pengamanan dan Monitoring Tradisi Adat Nyongkolan di Wilayah Polsek Gerung Berjalan Lancar

Lombok Barat, NTB –Bhabinkamtibmas Desa Babussalam bersama anggota Polsek Gerung lainnya, melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas dalam kegiatan tradisi adat Nyongkolan, kamis (22/6/2023).

Kali ini bertempat di Jalan Gunung Sasak, Dusun Lintak Buwur, Desa Babussalam, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Kapolsek Gerung, AKP Agus Pujianto, S.Pd.,MH., mengtakan tradisi adat Nyongkolan ini melibatkan beberapa warga. Antara lain dari mempelai laki-laki serta mempelai wanita dari Dusun Kayu Putih, Desa Tempos, dan Dusun Lintak Buwur, Desa Babussalam, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

“Dalam upaya menjaga kelancaran acara dan mencegah kemacetan lalu lintas, Polsek Gerung secara aktif melakukan pengamanan. Serta pengaturan arus lalu lintas di sekitar lokasi kegiatan Nyongkolan,” ungkapnya.

Hal ini bertujuan agar pengguna jalan lain dapat berlalu dengan aman tanpa adanya hambatan, serta untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya.

Acara tradisi adat Nyongkolan dilaksanakan dengan menggunakan jalan dusun, dimulai dari pertigaan Cemare Aik Ampat. Menuju rumah mempelai wanita di Dusun Lintak Buwur, Desa Babussalam, Kecamatan Gerung.

“Peserta Nyongkolan diperkirakan berjumlah sekitar 120 orang, yang diiringi oleh Kecimol dan kesenian Ale-ale,” imbuhnya.

Dengan pengamanan dan pengaturan yang baik, kegiatan tradisi adat Nyongkolan berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami dari Kepolisian Polsek Gerung mengapresiasi kelancaran acara ini serta kerjasama yang terjalin antara petugas keamanan dan masyarakat,” ucapnya.