Berita

Sukses dan Aman, Tradisi Adat Nyongkolan di Lembar Dijaga dengan Pengamanan yang Cermat

26
×

Sukses dan Aman, Tradisi Adat Nyongkolan di Lembar Dijaga dengan Pengamanan yang Cermat

Sebarkan artikel ini
Pengamanan dan Monitoring Tradisi Adat Nyongkolan di Lembar, Kondusifitas Terjaga

Lombok Barat, NTB – kegiatan pengamanan dan monitoring tradisi adat Nyongkolan di wilayah Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, terlaksana dengan aman, kamis (22/6/2023).

Kapolsek lembar, Iptu I ketut Suriarta, SH., M.I.Kom., mengatakan bahwa kegiatan tradisi adat nyongkolan di wilayahnya kali ini hanya di satu titik.

“Satu titik, lokasi kegiatan tradisi adat Nyongkolan berada di Dusun Pelemong, Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. Meliputi arak-arakan menuju rumah mempelai perempuan di Dusun Serumbung, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.

Prosesi ini diiringi oleh alunan musik Gendang Beleq dengan lebih dari 200 orang pengiring, hingga berakhir dengan lancar dan aman.

Pengamanan dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Lembar Selatan bekerja sama dengan personel dari Polsek Praya Barat, yang juga didukung oleh anggota Polsek Lembar.

Kapolsek Lembar, Iptu I Ketut Suriarta, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kelancaran acara dan kerjasama yang terjalin antara petugas keamanan dan masyarakat.

“Kami sangat menghargai dan mendukung pelestarian tradisi adat seperti Nyongkolan ini. Dengan pengamanan yang baik, kita dapat memastikan bahwa kegiatan budaya dapat berjalan dengan damai dan memberikan kebanggaan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pengamanan dan monitoring kegiatan tradisi adat seperti Nyongkolan menunjukkan komitmen Polsek Lembar dalam menjaga keberlangsungan budaya. Serta merawat hubungan harmonis antara pihak kepolisian dan masyarakat setempat.

Tradisi adat Nyongkolan yang berlangsung dengan sukses ini memberikan inspirasi bagi masyarakat lain untuk tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya tradisional. Dalam suasana yang aman dan kondusif.