Berita

Polsek Sekotong Berhasil Menciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif Melalui Patroli Dialogis

22
×

Polsek Sekotong Berhasil Menciptakan Situasi Kamtibmas Kondusif Melalui Patroli Dialogis

Sebarkan artikel ini
Polsek Sekotong Tingkatkan Keamanan dengan Kegiatan Patroli Dialogis di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polsek Sekotong melaksanakan kegiatan patroli dialogis dalam rangka memperkuat keamanan dan mengantisipasi tindak kejahatan serta kriminalitas lainnya di wilayah hukum mereka, Senin (3/7/2023).

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif bagi masyarakat di kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Personel Polsek Sekotong menggunakan dua unit kendaraan dinas patroli roda dua, mereka memulai sambang di perumahan penduduk di Dusun Batu Sati, Desa Kedaro.

Kapolsek Sekotong, Iptu I kadek Sumerta, SH mengungkapkan tidak hanya sekadar melakukan sambang, personel polisi juga melakukan interaksi dan berdialog dengan masyarakat setempat.

“Mereka memberikan pesan-pesan tentang pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam mendukung terciptanya kamtibmas yang baik,” ungkapnya.

Selain itu, warga juga dihimbau untuk melaporkan segala hal yang mencurigakan kepada personel Polsek Sekotong agar dapat segera ditindaklanjuti.

Setelah itu, patroli dilanjutkan ke kandang hewan ternak sapi di Dusun Menjut dan Dusun Mendawe Selatan, Desa Kedaro. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan, kriminalitas 3C, serta pencurian hewan ternak.

Personel polisi berinteraksi dengan warga yang sedang berjaga di kandang hewan ternak sapi, memberikan himbauan agar tetap waspada terhadap lingkungan sekitar, mengatur istirahat dengan bergiliran, dan melaporkan kejadian mencurigakan kepada Polsek Sekotong.

patroli melanjutkan penyisiran ke Jalan Raya perbatasan antara Desa Sekotong Tengah dengan Desa Kedaro, Dusun Batu Gede. Personel Polsek Sekotong melakukan pemeriksaan terhadap setiap orang, barang, dan kendaraan yang melintas.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada tindak kejahatan dan kriminalitas yang terjadi di wilayah tersebut,” katanya.

Kegiatan patroli dialogis ini diharapkan berhasil menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah kecamatan Sekotong. Masyarakat merasa lebih aman dan nyaman dengan adanya kehadiran personel kepolisian dalam menjaga keamanan mereka.

Ucapan terima kasih pun disampaikan oleh masyarakat kepada pihak kepolisian Polsek Sekotong atas pelaksanaan patroli yang telah dilakukan dengan baik dan berhasil. Masyarakat sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh personel kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah mereka.

Dalam kegiatan patroli yang berlangsung, tidak ditemukan adanya hal-hal menonjol yang dapat mengganggu kamtibmas. Hal ini menunjukkan efektivitas dari strategi patroli dialogis yang dilakukan oleh Polsek Sekotong. Interaksi yang dilakukan dengan masyarakat juga terbukti efektif dalam membangun hubungan yang lebih baik antara polisi dan masyarakat, sehingga masyarakat merasa lebih terlibat dan berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan wilayahnya.

Kapolsek Sekotong, Iptu I kadek Sumerta, SH, mengungkapkan kepuasannya atas hasil kegiatan patroli tersebut. Ia menyatakan, “Kegiatan patroli dialogis ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan perlindungan dan rasa aman kepada masyarakat. Kami akan terus melaksanakan kegiatan patroli seperti ini secara rutin untuk menjaga keamanan wilayah hukum Polsek Sekotong.”

Selain itu, Polsek Sekotong juga berencana untuk mengintensifkan sosialisasi tentang pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kamtibmas.

“Diharapkan, dengan adanya pemahaman yang lebih baik tentang peran masyarakat dalam menjaga keamanan, wilayah hukum Polsek Sekotong. Dapat menjadi wilayah yang aman dan nyaman untuk tinggal,” harapnya.

Kegiatan patroli dialogis ini menjadi contoh nyata dari upaya kepolisian dalam menjalin kemitraan dengan masyarakat dan membangun kepercayaan yang lebih baik. Masyarakat diharapkan tetap menjaga kerjasama yang baik dengan polisi dan melaporkan segala hal yang mencurigakan demi keamanan bersama.